Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Tidur Tanpa Celana Dalam

| 18 Jul 2020 22:00
Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Tidur Tanpa Celana Dalam
Ilustrasi orang tidur (Unsplash/@@brucemars)

ERA.id -Tidur adalah aktivitas fisik dan mental yang sangat penting bagi manusia. Saat tidur, seseorang membutuhkan lingkungan yang segar untuk memulihkan tubuhnya kembali. Salah satunya adalah dengan menggunakan pakaian tepat atau tidak memakainya sama sekali.

Dilansir dari Halodoc, Sabtu (18/7), sudah banyak penelitian yang mendukung klaim bahwa tidur tanpa menggunakan celana dalam dapat menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

Berikut manfaat tidur tanpa mengenakan celana dalam yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan kualitas tidur

cewek, dalam ruangan, ekspresi mukaIlustrasi tidur tanpa celana dalam (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Ternyata pakaian yang dikenakan bisa memengaruhi proses perubahan suhu saat tidur. Saat kamu mengenakan pakaian dengan ukuran dan tekstur bahannya tak sesuai, suhu tubuh akan sulit berfluktuasi. Kemungkinan efek yang dirasakan sering membalikkan tubuh atau bangun beberapa kali selama tidur. Maka dari itu, kamu bisa melepaskan celana dalam sesekali supaya sirkulasi udara tubuhmu lebih lancar, dan mendapatkan tidur berkualitas.

2. Mencegah gangguan tidur

Suhu tubuh mencapai puncaknya mulai sekitar jam 11 malam sampai 4 pagi. Supaya kamu mendapatkan tidur lebih nyenyak, suhu tubuh perlu turun kurang lebih setengah derajat. Tapi saat tubuh gagal mencapai suhu ideal, seseorang bisa mengalami gangguan tidur. Kamu bisa melepas celana dalam untuk membantu menurunkan suhu selama jam tersebut, sehingga gangguan tidur dapat dicegah.

3. Meningkatkan kualitas sperma

woman covered with white blanketIlustrasi tidur tanpa celana dalam (Foto: Unsplash/DANNY G)

Testis pria memerlukan suhu stabil untuk memproduksi sperma berkualitas tinggi. Ada penelitian yang menyebut testis bisa menghasilkan kualitas sperma sehat pada suhu yang tidak lebih tinggi dari 36,67 derajat Celcius. Ternyata, mengenakan celana dalam saat tidur membuat area selangkangan dan testis lebih hangat. 

Sehingga, pria berisiko mengalami infertilitas dan disfungsi ereksi. Maka dari itu, pria disarankan untuk melepaskan celana saat tidur guna menurunkan suhu di area testis dan meningkatkan sirkulasi darah ke Mr P. 

4. Menjaga berat badan ideal

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes menyatakan tidur tanpa pakaian dapat menurunkan berat badan dengan cara memicu proses metabolisme tubuh. Suhu tubuh lebih dingin saat tidur bisa membantu tubuh agar mengaktifkan produksi lemak coklat. 

Lemak coklat merupakan jenis jaringan lemak sehat yang bertanggung jawab untuk menghasilkan panas tubuh dengan membakar kalori. Ketika lemak coklat telah aktif, tubuh otomatis menghilangkan sejumlah kalori meski hanya dengan tidur.

5. Mengurangi stres

Woman Sleeping on Mattress Covered With BlanketIlustrasi tidur tanpa celana dalam (Foto: Pexels/Pixabay)

Ketika kamu tidur nyenyak, itu berarti hormon yang disebut kortisol kembali  ke kadar yang normal. Sehingga, dapat mengurangi stres yang sedang dialami. Selain itu, kamu bisa bangun lebih segar dan bahagia jika tidur semalaman tanpa mengenakan celana dalam.

6. Menciptakan hormon anti-penuaan

Ternyata, tidur tanpa celana dapat memudahkan tubuh agar menurunkan suhu beberapa derajat. Suhu yang cukup dingin bisa bekerja untuk mencetuskan pelepasan hormon melatonin dan pertumbuhan.

Kedua hormon ini memiliki peran penting, sebab punya sifat anti-penuaan. Melatonin, dikenal sebagai hormon tidur yang memiliki banyak manfaat mulai dari mencegah penyakit kardiovaskular hingga perlindungan penyakit diabetes.

Tags : kesehatan seks
Rekomendasi