Alasan Zaskia Adya Mecca Sunat Anak Saat Masih Bayi

| 27 Jul 2020 17:30
Alasan Zaskia Adya Mecca Sunat Anak Saat Masih Bayi
Zaskia Adya Mecca (Instagram/@zaskiadyamecca)

ERA.id - Sunat merupakan tindakan bedah dengan membuang kulit kulup yang menutupi ujung penis. Umumnya, anak laki-laki disunat antara rentan usia balita hingga seblum remaja (5-10 tahun).

Namun, berbeda dengan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo yang memutuskan menyunat anak keempatnya, Bhre Kama di usia yang belum genap sebulan.

Melalui vlog yang diunggah di kanal YouTube The Bramantyos, Zaskia mengungkap alasan mengapa menyunat Bhre Kama saat masih bayi.

1. Menghindari penupukan kotoran

Zaskia Adya Mecca (Foto: Instagram/@zaskiadyamecca)

Zaskia Adya Mecca mengatakan jika keponakannya berusia 2 tahun sedang bermain kala itu di Kemang, Jakarta Selatan. Tak sendirian, keponakannya ditemani oleh orangtua. Tetapi dia tiba-tiba saja menangis hingga membuat ibunya panik.

Ia menangis histeris lantaran perutnya sakit dan tidak bisa pipis. Terdapat tumpukan kotoran yang menyumbat di saluran kencing. Hingga akhirnya, keponakannya mendapat perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Kejadian itu tak hanya dialami keponakannya saja. Hal yang sama juga dirasakan oleh putra Shireen Sungkar. Maka dari itu, pengalaman ini membuat Zaskia Adya Mecca yakin untuk menyunat Bhre Kata dan Bhaj Kama saat bayi. 

2. Budaya

Zaskia Adya Mecca (Foto: Instagram/@zaskiadyamecca)

Pemain sinetron Para Pencari Tuhan ini mengatakan jika sunat menunggu anak sudah remaja hanya budaya di Indonesia. Menurutnya, yang ideal adalah sunat sejak masih bayi.

"Langsung berpikir, di Indonesia sunatnya nunggu anak gede, berarti itu budaya. Aku pikir selama ini sunat ideal itu ketika anak gede nanti terus jadi pengantin sunat dan ada acara-acara,” ungkap Zaskia Adya Mecca.

3. Sudah konsultasi ke dokter

Sebelum melakukan sunat, Zaskia telah konsultasi terlebih dahulu kepada dokter anak dan dokter bedah terkait masalah yang terdapat pada alat kelamin sang anak. Anaknya juga sudah melakukan pemeriksaan laboratorium untuk melihat perkembangan si kecil apakah mengalami pembekuan darah atau tidak.

Tags : artis
Rekomendasi