Jangan Sering Dipakai, Berikut Item Fesyen Berefek Buruk Bagi Kesehatan

| 29 Jul 2020 18:05
Jangan Sering Dipakai, Berikut Item Fesyen Berefek Buruk Bagi Kesehatan
Ilustrasi item fesyen (Foto: Pexels/Daniela Dávila)

ERA.id - Fesyen adalah telah menjadi kebutuhan gaya hidup kaum urban. Maka tak heran, setiap orang ingin tampil stylish dan fashionable.

Tampil modis, ya boleh-boleh saja, tapi yang perlu diingat adalah jangan sampai menggangu kesehatan. Sebab, ada beberapa item fesyen yang bisa berefek buruk bagi kesehatan.

Sesuatu yang trendi tak selamanya bersahabat dengan tubuh. Dilansir dari Times of India, Rabu (29/7/2020), berikut item fesyen yang berefek buruk bagi kesehatan:

1. Jeans terlalu ketat

Bahan denim yang tebal dan sangat ketat bisa menyebabkan mati rasa dan kesemutan di kakimu. Rasa ketatnya di area pinggang dapat menyebabkan kondisi seperti asam lambung. Tak hanya itu, kondisi yang ekstrem bisa menyebabkan sindrom kompartemen. Ini mengacu pada tekanan berlebihan pada bagian tubuh tertentu karena jaringan tubuh membengkak.

2. Rok ketat

woman in white shirt and black skirt standing beside wallRok ketat (Foto: Unsplash/Siora Photography)

Rok ketat di bagian pinggang dapat menyebabkan masalah pernapasan. Memang tidak sama tetapi serupa dengan masalah yang timbul karena bra yang sangat ketat.

3. Pakaian dalam jenis thong

Pakaian dalam jenis thong tidak baik jika dikaitkan dengan kesehatan daerah kewanitaan. Pakaian dalam jenis ini telah terbukti menyebabkan infeksi saluran kencing dan juga memperlambat pemulihan infeksi. Apabila kamu menggunakannya setiap hari atau orang yang mengenakannya sensitif bisa menyebabkan wasir.

4. Bahan pakaian beracun

Sebuah laporan oleh Greenpeace menunjukkan kain yang digunakan oleh banyak merek pakaian ternama internasional diwarnai dan diproses sedemikian rupa, dapat menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh kita. Bahkan, ada yang sangat buruk, yakni bisa memicu terkena kanker ketika terurai di alam. Solusi yang terbaik adalah menggunakan bahan lokal atau dari penjual tepercaya yang telah terbukti.

5. Sepatu high heels

Yellow Steel BathtubSepatu hak tinggi (Pexels/kelly samuel)

Menggunakan sepatu hak tinggi berpengaruh buruk pada kesehatan punggung, tulang belakang, dan lutut yang menimbulkan masalah kesehatan utama bagi betis.

6. Sepatu hak lancip 

Sepatu hak lancip dapat memberikan tekanan berlebih pada jempol kaki, dan menyebabkan pembengkakan pada jempol kaki. Kondisi bisa menimbulkan neuroma, yakni tekanan saraf di antara jari-jari kakimu.

7. Aksesoris berat

Woman Wearing Blue Long-sleeved DressKalung (Foto: Pexels/Mihai Stefan Photography)

Aksesoris seperti sepasang anting yang terlalu berat dapat menyebabkan lubang tindikan di telingamu jadi melebar dan menimbulkan rasa sakit yang parah usai memakainya. Sedangkan, kalung terlalu berat di leher bisa menimbulkan ketegangan pada tulang belakang. Jika kamu memiliki masalah dengan tengkuk, mengenakan kalung berat hanya memperburuk kondisimu.

8. Salah ukuran bra

Mengenakan yang salah bra tentu sangat berbahaya ketimbang tidak mengenakan bra. Salah ukuran bra dapat menyebabkan kerusakan saraf, masalah postur, nyeri di sekitar leher, pundak, punggung, dan payudara kendur. Saat memakainya, bahkan bisa menyebabkan masalah pernapasan dan kenyamanan. 

[/read_more]

9. Pakaian untuk membentuk tubuh

Mengenakan pakaian memang bisa menyembunyikan perut gelambirmu. Namun, beberapa pakaian bisa berakibat untuk kesehatanmu. Saat mengenakannya, organmu berada dalam tekanan yang memicu berbagai masalah. Jika kamu memakainya terlalu sering atau durasi lebih lama, kamu bisa mengalami kenaikan asam lambung. Ada pun kasus ekstrim yang bisa menderita kerusakan saraf.

Tags : kesehatan fesyen
Rekomendasi