Awali dengan Niat, Yuk Mulai Diet dengan Konsumsi Makanan Nol Kalori

| 03 Aug 2020 08:05
Awali dengan Niat, Yuk Mulai Diet dengan Konsumsi Makanan Nol Kalori
Ilustrasi langsing (Foto: Unsplash/Bill Oxford)

ERA.id - Setiap makanan tentu memiliki nilai kalori berbeda-beda. Kalori memiliki peran penting untuk menurunkan berat badan. Bagi kamu yang sedang diet, tentu kamu akan membatasi asupan makanan dan menghitung kalori tersebut.

Pastinya seseorang yang fokus menurunkan berat badan akan mencari makanan yang mengandung 0 kalori. Makanan hampir 0 kalori membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Dilansir dari Healthline pada Minggu (2/8), berikut makanan yang hampir mengandung 0 kalori:

1. Apel

Red Apple FruitApel (Foto: Pexels/Pixabay)

Apel sangat bergizi dan salah satu buah paling populer di Amerika Serikat. Menurut Layanan Penelitian Ekonomi USDA, 125 gram irisan apel mengandung 57 kalori dan hampir tiga gram serat makanan.

Hal ini dikarenakan tubuhmu harus membakar energi untuk mencerna apel, jumlah bersih kalori yang disediakan oleh buah ini mungkin lebih sedikit daripada yang dilaporkan.

2. Asparagus

Asparagus adalah sayuran berbunga yang terbentuk dalam varietas hijau, putih dan ungu. Semua jenis asparagus sehat, tetapi asparagus ungu memiliki senyawa yang disebut anthocyanin yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Sebanyak 134 gram asparagus hanya memiliki 27 kalori dan kaya akan vitamin K dan folat.

3. Seledri

Fresh celery vegetable / bunch of celery stalk with leaves on wood and nature green Premium PhotoSeledri (Foto: Freepik/poringdown)

Seledri adalah salah satu makanan rendah kalori yang paling terkenal. Batangnya yang panjang dan hijau mengandung serat tidak larut yang mungkin tidak tercerna di tubuhmu, sehingga tidak berkontribusi kalori. 

Seledri juga memiliki kandungan air yang tinggi, membuatnya secara alami rendah kalori. Hanya ada 18 kalori dalam satu cangkir (110 gram) seledri cincang.

4. Kaldu

Ada banyak jenis kaldu, termasuk ayam, sapi, dan sayuran. Itu bisa dimakan sendiri atau digunakan sebagai dasar untuk sup dan semur. Tergantung pada jenis kaldu, satu cangkir sekitar 240 ml biasanya mengandung 7-12 kalori

5. Kubis

Halvened head of cabbage Free PhotoKubis (Foto: Freepik/freepik)

Kubis adalah sayuran dengan daun hijau atau ungu. Ini adalah bahan umum dalam membuat salad. Kubis yang difermentasi dikenal sebagai asinan kubis. Ini sangat rendah kalori dan hanya mengandung 22 kalori per cangkir per 89 gram.

6. Timun

Timun adalah sayuran menyegarkan yang biasa ditemukan dalam salad. Karena sebagian besar mentimun adalah air, makanan satu ini sangat rendah kalori. Setengah cangkir (52 gram) hanya mengandung 8 kalori.

7. Bawang Putih

five garlic on white textileBawang putih (Foto: Unsplash/Gaelle Marcel)

Bawang putih memiliki aroma dan rasa yang kuat. Bawang putih kerap digunakan secara luas dalam masakan untuk menambah rasa pada hidangan. Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat untuk berbagai penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan tekanan darah dan melawan infeksi atau bahkan kanker. Satu siung (3 gram) bawang putih hanya mengandung 5 kalori.

8. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau lain yang sarat dengan vitamin dan mineral dan sangat rendah kalori. Bayam tinggi vitamin K, A dan folat serta memiliki lebih banyak protein daripada beberapa sayuran berdaun lainnya. Satu cangkir (30 gram) bayam hanya mengandung 7 kalori.

Rekomendasi