Bakar Bawang Putih Selama 10 Menit, Makan dan Rasakan Manfaatnya

Tim Editor

Bawang putih bakar (Foto: Instagram/@thefoodjoy)

ERA.id - Bawang putih telah lama dikenal dengan makanan super sehat karena memiliki jutaan manfaat untuk tubuh. Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur andalan 

Bila kamu mengonsumsi bawang putih dengan cara dibakar rupanya membuat rasanya lebih manis dan lezat. Bahkan, manfaat bawang putih bakar tak kalah dibandingkan dengan mengonsumsinya secara mentah. 

Namun perlu diingat, agar khasiatnya tidak hilang sebaiknya jangan membakar bawang putih terlalu lama. Cobalah bakar bawang putih maksimal selama 10 menit, maka kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang dirasakan oleh tubuhmu. Jangan memanggang bawang putih di dalam microwave, cara ini akan merusak struktur enzim alinase. 

Dilansir dari Leaf.tv pada Rabu (5/8/2020), berikut manfaat mengonsumsi bawang putih yang ampuh menjadi obat alami dalam berbagai penyakit.

1. Meningkatkan Kesehatan jantung

Bawang putih bakar (Foto: Instagram/@dragonsmokebbq)

Salah satu manfaat mengonsumsi bawah putih bakar adalah meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat sistem kardiovaskular. Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, itulah sebabnya banyak dokter merekomendasikan bawang putih bakar kepada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Selain itu, bawang putih bakar dapat menurunkan kolesterol dan membantu mencegah penyumbatan arteri.

2. Mencegah Kanker

Bawang putih bakar dapat membantu mencegah kanker tertentu pada sistem pencernaan. Diantaranya adalah kanker perut, kanker usus besar dan kanker usus, kanker payudara dan kanker prostat.

3. Memelihara Kesehatan Alat Pencernaan

Beef Stew with Roasted Garlic — Pixels + Crumbs Garlic Olive Oil, Dry Red Wine, Garlic Head, Garlic Recipes, Beef Broth, Sourdough Bread, Roasted Garlic, New Recipes, Stew

Bawang putih bakar (Foto: Pinterest/Mary McDonald)

Jika kamu memiliki masalah pencernaan, cobalah konsumsi bawang putih bakar untuk membantu mengatasi gejala penyakit maag, mual, dan gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan lebih ringannya bawang putih bakar untuk dicerna daripada bawang putih mentah. Bawang putih dapat mempromosikan produksi cairan yang membantu pencernaan, membantu membuang kotoran dari tubuh, dan mengurangi radang lambung.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih bakar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berkat sifat antibakterinya, bawang putih dapat memperkuat kekebalan dan membantu melawan bakteri dan berbagai penyakit. Apabila kamu merasakan gejala-gejala flu, cobalah konsumsi bawang putih bakar agar penyakit flu tersebut tidak semakin parah.

5. Mengobati Penyakit Lain

Bawang putih bakar juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sejumlah penyakit di bagian luar tubuh. Kamu juga bisa menggunakan bawang putih bakar untuk mengatasi infeksi pada kulit atau mengobati jerawat. 

Bawang putih bakar juga diketahui mampu mengobati kaki atlet yang terluka, caranya hanya dengan menggosokkannya ke bagian yang terluka. Selain itu, bawang putih bakar juga bisa dioleskan ke telinga untuk mengobati rasa sakit dan infeksi.

Tag: kesehatan makanan

Bagikan :