Minuman Terburuk untuk Turunkan Berat Badan yang Sering Tidak Disadari

| 19 Jan 2024 07:24
Minuman Terburuk untuk Turunkan Berat Badan yang Sering Tidak Disadari
Minuman terburuk untuk turunkan berat badan (unsplash)

ERA.id - Terdapat beberapa pemilihan jenis minuman yang tepat memainkan peran penting. Namun tahukah Anda apa saja minuman terburuk untuk turunkan berat badan?

Artikel ini akan membahas beberapa minuman yang dianggap sebagai musuh tersembunyi bagi mereka yang tengah berjuang menurunkan berat badan.

Minuman Terburuk untuk Turunkan Berat Badan

  1. Jus Buah

Meskipun terlihat sehat, banyak jus buah mengandung tambahan gula yang dapat menghambat perjalanan penurunan berat badan. Ahli gizi memperingatkan agar berhati-hati terhadap minuman yang tampaknya sehat ini karena kandungan gula yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan peningkatan asupan kalori.

Destini Moody, RDN, CSSD, LD, seorang ahli gizi Garage Gym Reviews, mengatakan jika banyak orang percaya bahwa jus buah adalah minuman sehat, bahkan jika terbuat dari 100 persen buah. Namun, meskipun jus buah mengandung lebih banyak nutrisi daripada minuman seperti soda tapi tidak memiliki serat seperti buah utuh.

“Ini berarti jus tidak memberikan rasa kenyang seperti makan buah, dan ini menyebabkan Anda mengonsumsi kalori lebih cepat." jelasnya.

  1. Latte

"Meskipun kopi hitam dapat mengandung antioksidan dan memberikan manfaat lainnya, minuman kopi seperti frappuccino dan latte tidak memberikan manfaat yang sama," jelas Moody.

Minuman seperti latte mengandung susu, krim, gula tambahan, dan krim kocok. Meskipun minum secangkir kopi hitam di pagi hari tidak masalah untuk penurunan berat badan karena tidak mengandung kalori, minum latte setiap hari bisa membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit.

"Jika Anda menginginkan latte yang kaya dan creamy, pertimbangkan untuk memilih opsi kopi hitam yang lebih sederhana atau alternatif tanpa pemanis yang jauh lebih rendah kalorinya.

kopi latte dapat menambah berat badan (unsplash)
  1. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol merupakan penyumbang signifikan untuk penambahan berat badan dan dapat menghambat upaya penurunan berat badan. Hal ini karena setiap gram alkohol mengandung tujuh kalori.

"Alkohol sendiri dapat memiliki efek merusak pada metabolisme, di mana aktivitas seperti minum berlebihan dapat menyebabkan penyimpanan lemak yang lebih banyak dan penurunan gula darah yang membuat Anda merasa lebih lapar," jelas Moody.

  1. Oat Milk

Meskipun oat milk aman bagi mereka yang peka terhadap laktosa, kandungan gula tambahannya dan kalorinya mungkin akan mengejutkan Anda. "

Masalah dengan susu nabati ini adalah, dibandingkan dengan pengganti nabati lainnya seperti kedelai, cenderung kurang protein namun tinggi karbohidrat," kata Moody.

“Susu oat dapat berbahaya bagi mereka yang sedang dalam proses penurunan berat badan karena protein memberi rasa kenyang dan, tanpanya, meminum minuman berkarbohidrat tinggi dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah” terangnya.

Dengan demikian susu oat milk meningkatkan asupan kalori dan nafsu makan Anda adalah sebuah resep yang berbahaya untuk penurunan berat badan.

  1. Minuman Energi

Meskipun menjanjikan energi cepat, minuman energi seringkali mengandung gula tambahan dan kafein, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi berat badan. Sebagai gantinya, pilih sumber energi alami seperti diet seimbang berpusat pada makanan utuh dan tidur yang cukup.

  1. Soda Ber gula

Penuh dengan gula dan tanpa nilai gizi, minuman berkarbonasi memberikan kalori ekstra dengan cepat. Untuk itu, ahli gizi menyarankan untuk memilih air, teh herbal, atau air infused sebagai pilihan menyegarkan dan hidratasi tanpa gula yang tidak perlu.

  1. Lemonade

Meskipun keasaman lemonade mungkin terlihat tidak berbahaya, kandungan gulanya dapat memberikan kalori ekstra. Memilih lemon segar yang diperas dalam air atau versi yang sedikit diberi pemanis bisa menjadi alternatif yang lebih ramah berat badan.

Selain minuman terburuk untuk turunkan berat badan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi