5 Pesohor Dunia yang Meninggal Akibat HIV/AIDS

| 10 Aug 2020 17:59
5 Pesohor Dunia yang Meninggal Akibat HIV/AIDS
Ilustrasi HIV/AIDS (Unsplash/@purzlbaum)

ERA.id - HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Virus ini amat ditakuti karena tergolong mematikan.

Infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

HIV/AIDS dapat menjangkiti siapa saja, termasuk para pesohor dunia. Dalam catatan sejarah, sedikitnya ada 5 pesohor dunia yang juga artis meninggal akibat HIV/AIDS. Siapa saja mereka? Yuk simak.

1. Freddie Mercury

Nama Freddie Mercury ada di urutan pertama sebagai artis yang meninggal akibat HIV/AIDS. Vokalis band rock ternama asal Inggris, Queen ini ternyata sempat menyembunyikan penyakit yang ia derita di hadapan publik selama bertahun-tahun. 

Namun, pada November 1991, Freddie membenarkan berita mengenai penyakit HIV/AIDS yang ia derita kepada pers internasional. Tak lama setelah pernyataan itu dirilis, Freddie meninggal pada usia 45 tahun. Pihak dokter mengumumkan ia menderita penyakit bronkopneumonia yang timbul karena AIDS.

2. Gia Carangi

Gia Carangi merupakan model era 70-80an yang merunggut nyawa akibat HIV/AIDS. Supermodel pertama di dunia yang juga merupakan model sampul majalah dengan wajah tercantik ini didiagnosa memiliki ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang. Gia Carang meninggal pada usia 26 tahun.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gia in one of her last editorials for German Vogue, 1983 / #giacarangi

A post shared by Gia Marie Carangi (@gia.carangi) on

3. Amanda Blake

Amanda Blake dikenal dalam perannya di serial televisi Gunsmoke sebagai Kitty Russel. Amanda Blake dikabarkan meninggal dunia akibat kanker. Namun, pihak dokter menyatakan penyebabnya adalah komplikasi AIDS karena ia tertular dari suaminya, Mark Spaeth yang telah meninggal beberapa tahun sebelumnya karena penyakit yang sama.

Amanda Blake meraih popularitasnya di tahun 1950-an.  Amanda Blake diketahui merupakan aktris wanita terkenal pertama yang meninggal  karena HIV/AIDS.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Remembering actress Amanda Blake (1929-1989), who passed away 29 years ago today πŸ˜žπŸ™πŸΌπŸ’–. Blake became interested in acting while she was in college, eventually abandoning her studies to pursue it full time. Making her screen debut in “Stars in My Crown” (1950), other film roles would include “Duchess of Idaho” (1950), “Sunny Side of the Street” (1951), “Scarlet Angel” (1952), “Lili” (1953), “A Star is Born” (1954), “The Glass Slipper” (1955), and “High Society” (1955). She is best remembered for her long-running role as Miss Kitty, the saloon-keeper who shares unfulfilled romantic chemistry with Marshall Matt Dillon, on “Gunsmoke”. In real life, Blake was devoted to animals. She had a pet lion for a time and, along with her 3rd husband, she bred cheetahs who were endangered . She also helped found a no-kill animal shelter in the 1970s, which is still in existence. As a huge animal lover myself (I have 5 dogs currently), I truly admire her work πŸ’–. Married and divorced 4 times, she had no children. Although she had suffered a bout of oral cancer in her late 40s, her death at the age of 60 was the result of AIDS, which she likely contracted from her 4th husband who also succumbed to the disease πŸ˜žπŸ™πŸΌπŸ’–. #amandablake #rip #gonetoosoon #gonebutnotforgotten #gonebutneverforgotten #oldhollywood #classichollywood #vintagehollywood #classicactress #vintageactress #oldhollywoodactress #classicbeauty #vintagebeauty #oldhollywoodbeauty #classictv #vintagetv #classictelevision #vintagetelevision #classicwestern #vintagewestern #gunsmoke #misskitty

A post shared by Vintage Stardust (@vintage_stardust) on

4. Prince Rogers Nelson

Prince, adalah superstar dunia yang juga meninggal dunia dan meninggalkan kariernya di industry music karena menderita HIV/AIDS. Ia menolak untuk melakukan pengobatan sehingga penyakit ini semakin menggerus tubuhnya dan merengut kehidupannya di dunia.

Prince meninggal pada 21 April 2016 setelah tertular HIV sejak tahun 1990.

5. Kevin Peter Hall

Terakhir, ada Kevin Peter Hall. Kevin Peter Hall terkenal karena memerankan tokoh utama dalam film Predator dan Harry and the Hendersons

Aktor ini meninggal pada tahun 1991 karena mengidap pneumonia akibat HIV/AIDS. Perlu kamu ketahui, Kevin Peter Hall tertular HIV/AIDS melalui proses transfuse darah. 

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

Tags :
Rekomendasi