Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

| 16 Aug 2020 18:55
Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit
Minyak Rosehip (Pixabay)

ERA.id - Beragam jenis minyak-minyakan yang bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Salah satunya adalah minyak rosehip atau rosehip oil. 

Minyak rosehip atau minyak biji rosehip diproses dari biji buah rosehip, tanaman yang sebagian besar tumbuh di negara Chili. Minyak rosehip mengandung vitamin yang memberi nutrisi kulit serta asam lemak esensial. Juga mengandung fenol yang telah terbukti memiliki sifat anti virus, anti bakteri, dan anti jamur.

Kandungan-kandungan tersebut membuat minyak rosehip bisa berfungsi sebagai anti oksidan sehingga bermanfaat untuk mengatasi beragam kondisi kulit. 

Berikut manfaat minyak rosehip untuk kecantikan dan kesehatan kulit;

Melembapkan kulit

Minyak rosehip mengandung banyak asam lemak esensial termasuk asam linoleat dan asam linolenat yang dapat membantu menghidrasi dan melembabkan kulit. Minyak rosehip bermanfaat untuk mengatasi kulit kering, termasuk pada kulit sensitif yang cenderung gatal.

Menghapus make up

Minyak rosehip bisa digunakan untuk menghapus sisa make up. Karena sifatnya yang melembabkan, menghapus make up dengan minyak rosehip tidak akan membuat kulit kering. Penggunaan minyak ini untuk menghapus make up sangat cocok bagi pemilik kulit kering atau sensitif.

Mencerahkan kulit

Minyak rosehip mengandung vitamin A atau retinol yang dapat mendorong pergantian kulit. Selain itu juga mengandung vitamin C yang bermanfaat membantu regenerasi sel sehingga secara efektif dapat membuat kulit lebih bercahaya. Dengan kandungannya tersebut, minyak rosehip dapat digunakan untuk eksfoliasi kulit yang membantu mengurangi kulit kusam serta secara otomatis mencerahkan kulit.

Mengencangkan kulit dan antiaging

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam minyak rosehip membantu kulit memproduksi kolagen. Zat yang sangat dibutuhkan untuk elastisitas atau kekencangan kulit. Sifatnya yang bisa mengencangkan kulit membuat minyak rosehip digunakan banyak orang untuk mengurangi penuaan di kulit atau antiaging.

Kandungan anti oksidan dalam minyak rosehip terbukti bermanfaat untuk mengatasi kerusakan akibat paparan sinar Matahari seperti bintik hitam.

Menghilangkan bekas luka

Minyak rosehip telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan luka, mengurangi bekas luka dan menyamarkan garis-garis halus. Minyak rosehip terbukti dapat mengurangi tampilan bekas luka dan memperbaiki perubahan warna kulit yang berhubungan dengan bekas luka. Hal ini bisa terjadi karena minyak rosehip mengandung vitamin A dan C serta asam lemak yang merupakan bagian dari regenerasi jaringan dan sel kulit.

Membantu menghilangkan stretch mark

Serupa dengan bekas luka dan garis halus, minyak rosehip juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan stretch mark akibat kehamilan. Dalam sebuah studi ditemukan fakta bahwa wanita yang menggunakan krim mengandung minyak rosehip selama kehamilan cenderung tidak memiliki stretch mark. Adapun yang sudah memiliki stretch mark sebelumnya cenderung tidak memburuk.

Mengurangi iritasi eksim

Minyak rosehip kaya akan anti oksidan sehingga bermanfaat untuk membantu melawan peradangan. Eksim merupakan kondisi kulit yang ditandai adanya peradangan seperti iritasi, gatal, dan kulit kering. Selain eksim, peradangan pada kulit lainnya seperti psoriasis atau dermatitis pun bisa dikurangi dengan menggunakan minyak rosehip.

Merawat kulit yang rentan jerawat

Minyak rosehip dapat dengan cepat menyerap ke kulit sehingga tidak mungkin menyumbat pori-pori. Selain itu juga mengandung retinoid yang dapat membantu mengurangi munculnya jerawat. Karenanya, minyak rosehip juga bermanfaat untuk pemilik kulit yang mudah berjerawat. 

Tags : tips
Rekomendasi