Banyak Khasiat, Berikut Tanaman Herbal yang Kaya Manfaat

Tim Editor

Lidah Buaya (Foto: Unsplash/Aneta Pawlik)

ERA.id - Selain mempercantik tanaman, ternyata ada beberapa tanaman hias yang kaya manfaat dan banyak khasiat. Tak hanya itu, ada juga tanaman hias yang dimanfaatkan sebagai tanaman herbal sebagai pengobatan rumah untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan.

Selain sehat, menggunakan herbal yang ditanam sendiri jadi irit. Tak seperti janda bolong, beberapa tanaman herbal ini biaya perawatannya rendah dan sangat cocok bagi semua kalangan.

Dilansir dari Drhealthbenefits pada Selasa (27/10/2020), berikut 5 tanaman herbal yang kaya manfaat:

1. Kayu Manis

Foto stok gratis daun mint, kayu manis, membumbuiKayu manis  (Foto: Pexels/wagrati photo)

Kayu manis memang banyak sekali, di Indonesia kayu manis adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Kayu manis Indonesia memang tidak sama dengan kayu manis ceylon atau lebih dikenal dengan sebutan kayu manis sejati. Namun, bukan berarti kayu manis Indonesia palsu. 

Menurut beberapa penelitian, kayu manis memiliki nutrisi yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti mencegah kolesterol, mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga mengobati penyakit Parkinson.

2. Cengkeh

Cengkeh terkenal sebagai obat herbal yang digunakan untuk pengobatan rumahan. Cengkeh diperoleh dari kuncup bunga pohon cengkeh yang memiliki nama botani Syzygium aromaticum.

Cengkeh adalah sumber kalsium dan vitamin yang sangat baik terutama vitamin C. Cengkeh banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan obat herbal yang digunakan untuk pengobatan rumahan. 

Cengkeh diperoleh dari kuncup bunga pohon cengkeh yang memiliki nama botani Syzygium aromaticum. Cengkeh adalah sumber kalsium dan vitamin yang sangat baik terutama vitamin C.

3. Kunyit kuning

brown gingersKunyit kuning (Foto: Unsplash/FOODISM360)

Kunyit kuning adalah salah satu bumbu dapur yang mudah ditemukan di dunia. Selain meningkatkan cita rasa makanan dan menambah warna kuning. Kunyit kuning punya banyak manfaat yang mengandung sifat anti-bakteri yang kuat. Selain itu, kunyit kuning digunakan sebagai pengobatan rumahan bagi bayi yang sedang mengidap flu.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman herbal yang tidak hanya eksotis dalam penampilan. Tetapi, juga sarat dengan nutrisi yang hanya didapatkan dari tanaman tropis. Selain itu, lidah buaya tidak hanya digunakan untuk pengobatan. Tetapi, diolah juga menjadi minuman nikmat yang dikenal dengan Es Lidah Buaya.

Lidah buaya sangat kaya vitamin C, serat makanan dan sumber antioksidan kuat yang berkontribusi untuk perbaikan sistem kekebalan dan detoksifikasi. 

Lidah buaya memiliki kandungan kaya serat, sehingga sangat bagus untuk pencernaan. Sementara vitamin C pada lidah buaya sangat baik bagi kesehatan kulit.

5. Kapulaga

brown nuts on white textileKapulaga (Foto: Unsplash/The Matter of Food)

Ramuan ini tidak hanya memberikan cita rasa yang khas pada masakan. Tetpi, rasa kapulaga yang pedas memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Kapulaga terkenal bisa mengobati disentri dan beberapa masalah perut lainnya.

Kapulaga dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus. Bagi kesehatan mulut, kapulaga digunakan untuk mengobati sakit gigi, radang tenggorokan, hingga melawan bau mulut.

Tag: kesehatan viral Tanaman Hias

Bagikan: