Tips Budidaya Tanaman Obat di Rumah, Bisa Tumbuh Subur dan Berkualitas

| 13 May 2023 07:05
Tips Budidaya Tanaman Obat di Rumah, Bisa Tumbuh Subur dan Berkualitas
Ilustrasi budidaya tanaman obat (Freepik)

ERA.id - Ada berbagai tanaman herbal atau tanaman obat yang memiliki khasiat baik bagi kesehatan tubuh. Tanaman obat bisa ditanam di rumah baik sebagai alternatif obat pribadi maupun untuk dijual kembali. Sebelum memenuhi halaman rumah Anda dengan kaya khasiat ini, Anda perlu tahu tips budidaya tanaman obat. 

Budidaya tanaman obat bisa dilakukan di rumah, baik di halaman maupun melalui media tanam yang Anda buat sendiri. Saat budidaya tanaman obat, penting untuk menyesuaikan jenis tanaman dengan lingkungannya. Sebab setiap tanaman memiliki syarat pertumbuhan yang berbeda-beda. 

Sebenarnya budidaya tanaman obat tidak berbeda dengan menanam tumbuhan lainnya, baik dari persiapan, pengolahan tanah, hingga pemeliharaan tanaman. Ada sejumlah tips budidaya tanaman obat yang perlu Anda tahu. 

Tips Budidaya Tanaman Obat di Rumah

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya tanaman obat di rumah. Berikut ini tips atau cara yang perlu Anda terapkan saat menanam tumbuhan herbal. 

Menyiapkan dan Mengolah Lahan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam budidaya tanaman obat adalah menyiapkan dan mengolah lahan. Tanah yang dijadikan media tanam sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman obat. Tanah yang dibutuhkan untuk menanamnya yakni mengandung unsur fisik, kimia, dan biologi yang baik. 

ilustrasi menyiapkan lahan budidaya tanaman (Freepik)

Tanaman obat dapat tumbuh dengan baik apabila ditanam di tanah yang subur. Cara menyiapkan dan pengolahan lahan bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Membersihkan sisa tanaman, gulma, dan batu di lahan yang akan digunakan
  • Membalikkan tanah
  • Menghancurkan gumpalan tanah supaya jadi halus dan rata
  • Membuat bedengan
  • Membuat lubang dan alur tanam pada bedengan

Menyiapkan Bibit

Tahapan selanjutnya adalah menyiapkan bibit yang akan ditanam. Proses pembibitan ini bertujuan untuk mendapatkan tanaman mudah yang berkualitas baik. Pembibitan dapat dilakukan secara vegetatif dan generatif. 

Penanaman Bibit

Bibit yang ada harus diseleksi untuk memilih tanaman muda yang sehat dan tumbuh baik. Bibit yang sudah dipilih kemudian dipindahkan ke lahan. Cara penanaman bibit tanaman obat, yakni:

  • Bibit dipindahkan ke lubang tanam
  • Pastikan bibit tertanam melekat pada media tanam
  • Tutupi lubang tanam dengan tanah, kemudian padatkan tanah supaya bibit bisa tumbuh dengan kokoh
  • Siram dengan air secukupnya pada bibit yang baru saja ditanam

Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman obat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu melalui pemupukan, penyiraman, penyiangan, dan pembumbunan. Selain itu, Anda juga perlu mengendalikan atau membasmi organisme pengganggu tanaman. 

Demikianlah tips budidaya tanaman obat yang bisa Anda lakukan di rumah. Budidaya tanaman obat bisa dikatakan cukup mudah, asalkan Anda tahu langkah-langkah yang benar dalam menyiapkan lahan, pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi