Menekan Rasa Lapar, 6 Jenis Tanaman Herbal yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

| 13 Oct 2021 08:01
Menekan Rasa Lapar, 6 Jenis Tanaman Herbal yang Ampuh Menurunkan Berat Badan
Jahe (Foto: Pexels/Pixabay)

ERA.id - Indonesia adalah negara dikenal memiliki sumber daya berlimpah. Salah satu sumber daya paling diminati seluruh dunia adalah rempah-rempah dan tanaman obat. Selain meningkatkan kesehatan, ada sejumlah jenis tanaman herbal yang terbukti membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Sejumlah rempah-rempah ini terbukti melawan keinginan tubuh untuk makan, menekan rasa lapar, dan meningkatkan pembakaran lemak. Berikut 6 rempah-rempah dan tanaman herbal yang dipercaya ampuh dalam menurunkan berat badan, seperti dilansir dari Healthline.

1. Jahe

Jahe (Foto: Pexels/Daniel Dan)
Jahe (Foto: Pexels/Daniel Dan)

Jahe adalah rempah-rempah yang terbuat dari rimpang tanaman jahe berbunga, Zingiber officinale. Jahe sering digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu penurunan berat badan juga.

Jahe dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak sekaligus mengurangi penyerapan lemak dan nafsu makan.

2. Ginseng

Ginseng adalah tanaman dengan khasiat meningkatkan kesehatan yang sering dianggap sebagai bahan pokok dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Banyak penelitian menunjukkan bahwa tanaman yang kuat ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Mengonsumsi ginseng Korea dua kali sehari selama delapan minggu menghasilkan pengurangan berat badan yang dapat diukur, serta perubahan komposisi mikrobiota usus. Ginseng dapat memerangi obesitas dengan mengubah pembentukan lemak dan menunda penyerapan lemak usus.

3. Kunyit

Kunyit (Foto: Pexels/Karl Solano)
Kunyit (Foto: Pexels/Karl Solano)

Kunyit adalah rempah-rempah yang dipuja karena rasanya, warnanya yang cerah dan khasiat obatnya yang manjur. Manfaat kesehatannya dikaitkan dengan keberadaan kurkumin, bahan kimia yang telah dipelajari secara ekstensif untuk efeknya pada segala hal mulai dari peradangan hingga penurunan berat badan.

Kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mengonsumsi kurkumin dua kali sehari selama satu bulan efektif dalam meningkatkan kehilangan lemak, mengurangi lemak perut, dan meningkatkan penurunan berat badan hingga 5 persen.

4. Lada Hitam

Lada hitam adalah bumbu rumah tangga biasa yang berasal dari buah kering Piper nigrum, pohon anggur berbunga asli India. Lada hitam mengandung senyawa kuat yang disebut piperine, yang memasok rasa pedas dan potensi efek penurunan berat badan.

Lada htam membantu mengurangi berat badan pada tikus dengan diet tinggi lemak, bahkan tanpa perubahan dalam asupan makanan. Sebuah penelitian tabung reaksi juga menunjukkan bahwa piperin secara efektif menghambat pembentukan sel lemak.

5. Kayu manis

Kayu manis (Foto: Pexels/Pixabay)
Kayu manis (Foto: Pexels/Pixabay)

Kayu manis adalah rempah-rempah aromatik yang terbuat dari kulit bagian dalam pohon dalam genus Cinnamomum. Kayu manis kaya akan antioksidan dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Beberapa penelitian menemukan bahwa kayu manis dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Ini sangat efektif dalam menstabilkan gula darah, yang dapat membantu mengurangi nafsu makan dan rasa lapar. Studi menunjukkan bahwa senyawa spesifik yang ditemukan dalam kayu manis dapat meniru efek insulin, membantu mengangkut gula dari aliran darah ke sel Anda untuk digunakan sebagai bahan bakar.

6. Jinten

Jinten adalah rempah-rempah yang terbuat dari biji cuminum cyminum yang dikeringkan dan digiling , tanaman berbunga dari keluarga peterseli. Jinten dengan rasa kacangnya yang berbeda tetapi juga dikemas dengan manfaat kesehatan, termasuk potensi mempercepat penurunan berat badan dan pembakaran lemak.

Jinten kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh daripada kelompok kontrol. Mengonsumsi jinten tiga kali sehari kehilangan 2,2 pon (1 kg) lebih banyak daripada mereka yang menggunakan plasebo.

Rekomendasi