Ternyata Ini yang Diperoleh Perkembangan Sel Otak Anak saat Masuk Pendidikan Usia Dini

| 18 Feb 2021 15:45
Ilustrasi anak sekolah (Dok.appliedhe.com)

ERA.id - Tak bisa dianggap remeh, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ternyata sangat penting untuk tumbuh kembang seorang anak. Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting untuk memfokuskan dan membangun fungsi sel otak pada anak.

"Ketika lahir manusia sudah diberikan oleh Tuhan seluruh jumlah sel otak dan perangkat otaknya. Tetapi belum dikembangkan, belum disambungkan. Oleh karena itulah, PAUD menjadi penting. Untuk anak 0 hingga 2 tahun akan terjadi proses penyambungan sel otak dan yang hanya tersambung yang akan digunakan diusia selanjutnya," kata Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si - Guru Besar Bidang Gizi dan Pangan & Pakar PAUD dari Himpaudi, dalam webinar Wings Care baru-baru ini.

Prof. Netti juga menyampaikan usia dini merupakan usia keemasan seorang anak, untuk membangun fondasi belajar dan hidup. Menurutnya PAUD bukan hanya persiapan untuk memasuki Sekolah Dasar, melainkan persiapan hidup untuk masa depan.

"Oleh karena itu usia dini merupakan usia keemasan untuk membangun fondasi belajar dan fondasi hidup. Jadi ini bukan menyiapkan masuk SD aja, tapi menyiapkan SMP, SMA, Perguruan Tinggi, bahkan untuk hidup sukses dan pernikahan dimulai dari usia dini," lanjut Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si.

Prof. Netti menjabarkan bahwa usia anak 0 hingga 3 tahun merupakan usia puncak untuk perkembangan seorang anak. Ketika anak lahir organ tubuhnya yang berfungsi telinga saja. Sehingga PAUD sangat dibutuhkan untuk menstimulasikan semua organ tubuh pada anak agar berkembang menjadi lebih baik.

"Pada usia 0 hingga 3 tahun ini merupakan puncak - puncak perkembangan anak. Ketika anak lahir ke dunia hanya mata yang berfungsi, maaf hanya telinga yang berfungsi. Selebihnya perlu distimulasikan dulu baru dia nanti punya jalurnya di otak kita. Berarti kalau kita tidak mendidik anak usia dini maka kesempatan emas ini jadi hilang," ungkap Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si.

Menurutnya PAUD sangat penting untuk diikuti seorang anak karena dapat menstimulasikan dan mengembangkan otak anak secara tepat dan maksimal, yang nantinya akan berguna ketika ia menjalani masa pertumbuhannya.

Rekomendasi