Waspada, 5 Kebiasaan Sepele Wanita Ini Ternyata Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi wanita (Foto: Unsplash/@christiana)

ERA.id - Baik pria maupun wanita memiliki kebiasaan yang sering dilakukan. Kebanyakan orang melakukannya tanpa tahu bahwa beberapa kebiasaan sepele namun berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Brightside.me, Kamis (25/2/2021) di bawah ini adalah beberapa kebiasaan wanita yang sederhana tetapi berdampak sangat buruk bagi tubuh.

1. Menguncir kuda rambut

Kuncir kuda adalah salah satu gaya rambut yang banyak digemari kaum wanita. Pembuatannya yang simple dan praktis, membuat gaya rambut satu ini menjadi andalan. Tetapi kebiasaan ini ternyata bedampak buruk bagi kesehatan rambut. Menguncir kuda rambut membuat saraf tertarik di sekitar kulit kepala dan wajah. Hal ini bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain. Apalagi untuk yang sedang mengalami stress dan ketegangan, akan membuat kondisi semakin parah.

ilustrasu kuncir kuda: pixabay/ stevebidmead

2. Menyilangkan kaki

Posisi duduk menyilangkan kaki termasuk posisi nyaman untuk kaum wanita dan membuat terlihat lebih anggun. Tetapi perlu diketahui bahwa terlalu lama dan sering dalam posisi tersebut akan membuat sakit dibagian leher dan punggung. Ini disebabkan karena semakin lama duduk dengan menyilangkan kaki, maka semakin besar tekanan tulang belakang. Menyilangkan kaki juga berdampak buruk bagi saraf.

Ilustrasi menyilang kaki : pixabay/GLady

3. Memakai deodoran setelah mencukur bulu ketiak

Deodoran merupakan suatu produk yang mengandung banyak bahan kimia. Setelah mencukur bulu ketiak, pori-pori di kulit otomatis terbuka dan lebih mudah menyerap produk apapun yang dipakai. Jika baru selesai bercukur, usahakan untuk tidak memakai deodoran terlebih dahulu karena bisa menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit.

4. Menggunakan alat make-up yang kotor

Make-up sudah menjadi suatu hal yang memang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan wanita. Namun, perlu diketahui bahwa dalam mengaplikasikan make-up ke wajah, gunakanlah alat yang sudah bersih.

alat make-up: pixabay/ kikante

Jika menggunakan alat aplikasi make-up yang kotor, maka bakteri pada alat tersebut akan pindah ke wajah. Hal ini akan menyebabkan beberapa masalah pada wajah, seperti jerawat atau bahkan infeksi. Jadi usahakan untuk selalu membersihkan alat make-up ya.

5. Terlalu sering mencabut bulu alis

Sebagian besar kaum wanita suka mencabut bulu alis. Hal ini dikarenakan bulu alis yang tumbuh tidak rapi dan juga keinginan untuk membentuk alis agar penampilan lebih menarik. Tetapi perlu kamu tahu keseringan mencabut bulu alis akan memicu trauma pada kulit sehingga bisa menimbulkan iritasi yang ditunjukkan dengan adanya noda kemerahan bahkan pembengkakkan. Selain itu, mencabut bulu alis dengan peralatan yang tidak steril akan menyebabkan infeksi dan membuat bulu tidak tumbuh kembali.

Gimana girls? Di antara 5 kebiasaan di atas yang mana yang sering kamu lakukan? Mulai sekarang mari mengurangi dan menghindari melakukan kebiasaan di atas untuk menjaga kesehatan tubuh ya.

Tag: kesehatan wanita

Bagikan: