Perawatan Rambut Kering yang Dapat Dilakukan Secara Mandiri

| 24 Feb 2024 07:00
Perawatan Rambut Kering yang Dapat Dilakukan Secara Mandiri
Ilustrasi (Tamara Bellis/Unsplash)

ERA.id - Bagi Anda yang memiliki masalah rambut kering tentunya ingin tahu bagaimana cara menanganinya. Tahukah Anda, ternyata hal itu bisa ditangani dengan solusi yang mudah. Namun, sebelum mengetahui teknis perawatan rambut kering dengan benar, sebaiknya kenali dulu penyebab rambut kering. Simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Penyebab Rambut Kering

Pada umumnya, rambut bisa semakin kering karena disebabkan oleh berbagai faktor. Sebagian faktor bersifat permanen, dan sebagian lainnya dapat diatasi dengan menjalani perawatan tertentu. Adapun faktor-faktor tersebut antara lain:

Kebiasaan dan gaya hidup

Kebiasaan buruk juga mempengaruhi tekstur rambut menjadi kering, hal tersebut dapat berupa hal-hal sepele hingga kebiasaan yang cukup serius. Masalah sepele seperti makan makanan yang kurang bergizi, tidak memakai pelindung rambut saat berenang, atau jarang minum/ dehidrasi, adalah kebiasaan yang umumnya banyak terjadi.

Adapun kebiasaan buruk yang ekstrem, contohnya, gonta-ganti warna rambut dalam waktu dekat, bleaching berkali-kali tanpa memperhatikan kondisi rambut, hingga tidak menggunakan heat protectant saat styling dengan alat catok juga memberikan kontribusi yang cukup penting pada kekeringan dan rusaknya rambut.

Faktor kesehatan fisik

Stres dan gangguan pola makan (anorexia nervosa, bulimia) dalam jangka panjang juga memberikan dampak pada rambut kering dan kuku. Selain itu beberapa kondisi tertentu (misalnya  kehamilan) juga memiliki dampak pada penyerapan nutrisi, sehingga rambut pun menjadi kering dan sering rontok.

Faktor lingkungan

Kondisi lingkungan tempat tinggal sehari-hari juga berpengaruh terhadap keringnya rambut. Misalnya; sering terpapar sinar UV matahari, cuaca yang terlalu dingin, kualitas air yang kurang baik (mengandung klorin), dan tingginya kadar polusi udara.

Faktor usia

Seiring pertambahan usia, maka akan semakin kering rambut yang dimiliki manusia. Baik pria ataupun wanita dapat mengalami hal tersebut. Namun, ini tidak menjadi penyebab utama. Rambut Anda tetap mampu terhidrasi dengan baik jika Anda menerapkan gaya hidup sehat dan rutin menjalani perawatan rambut meskipun usia Anda semakin bertambah.

Cara Merawat Rambut yang Salah

Banyak yang belum menyadari, ternyata merawat rambut yang salah berisiko menyebabkan rambut menjadi kering. Contohnya, jarang mengaplikasikan hair mask, menggunakan sampo dan kondisioner yang tidak cocok dengan rambut, hingga berlebihan dalam menggunakan produk kimia rambut.

Dari semua penyebab tersebut, rambut kering dapat berkembang menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan benar. Tentunya Anda tidak cukup mengandalkan 1-2 produk perawatan saja. Namun, sebaiknya pertimbangkan untuk menjalani beberapa langkah pencegahan agar rambut Anda tidak semakin kering.

Jika Anda sering gonta-ganti style rambut, pastikan Anda harus tahu kapan harus berhenti. Istirahatkan rambut Anda secara alami, agar tidak semakin kering dan rapuh.

Ilustrasi perawatan rambut kering. (Element5/Pexels)

Perawatan Rambut Kering yang Dapat Dilakukan

Di bawah ini adalah 4 hal yang wajib dilakukan agar rambut Anda tidak berubah makin kering.

Keringkan Rambut dengan Handuk Lembut atau T-shirt Katun

Serat handuk yang halus sangat direkomendasikan bagi Anda yang mempunyai rambut kering. Jenis microfiber biasanya nyaman dan aman untuk menyerap air dari rambut setelah keramas. Namun, handuk berkualitas bagus memang lebih mahal.

Jika Anda tak mempunyai handuk berkualitas, Anda tinggal ambil t-shirt katun yang Anda miliki. T-shirt mempunyai serat bahan yang lebih halus dan aman untuk rambut. Anda dapat mengeringkan rambut tanpa menggosoknya dengan keras. Cukup tepuk-tepuk rambut hingga air tidak lagi menetes dari rambut.

Keramas dengan Air Dingin

Pemilihan suhu air untuk keramas harus Anda perhatikan dengan cermat. Sebab, air dengan suhu tinggi dapat mengikis minyak alami kulit kepala Anda, sehingga menjadikannya semakin kering dan kusam. Sebagian orang menyenangi mandi dengan air hangat sebab tubuh akan terasa nyaman. Namun, usahakan jangan sampai air hangat atau panas tersebut terkena rambut. Apalagi jika helaian rambut sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan dan kekeringan yang parah.

Anda disarankan untuk mandi dan keramas dengan air dingin. Selain relatif aman untuk mempertahankan minyak esensial pada kulit kepala dan rambut, air dingin juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Konsumsi Vitamin, Mineral, dan Nutrisi Penting

Pastikan kebutuhan Anda akan Vitamin A, vitamin C, zat besi, biotin, dan mineral lain tercukupi agar rambut lebih sehat dan ternutrisi sempurna. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi yaitu kacang merah, walnut, brokoli, blueberry, dan tomat.

Selain mikronutrien pada vitamin dan mineral, asupan makronutrien seperti protein memberikan kontribusi cukup signifikan untuk menjaga kesehatan rambut.

Khususnya protein dari jenis hewani seperti ikan laut (sarden, mackarel, tuna, salmon), kerang, dan menu makanan lain yang mengandung omega 3 dan omega 6.

Rutin menjalani Hair Mask selama Satu Bulan Sekali

Ritual rutin yang sebaiknya tidak Anda tinggalkan yaitu menggunakan hair mask dengan bahan alami. Salah satu holy grail untuk perawatan rambut kering yaitu argan oil. Minyak esensial yang sampai saat ini masih populer di kalangan wanita sebagai bahan wajib untuk merawat rambut dan kulit sehat.

Demikianlah ulasan tentang perawatan rambut kering yang dapat Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi