Takut ke Rumah Sakit, Ini Panduan Konsultasi Pakai Telemedis untuk Mengatasi Gejala Ringan COVID-19

Ilustrasi teknologi kesehatan (indoindians.com)

ERA.id - Setelah pandemi COVID-19 memasuki Indonesia, tentu saja membuat semua orang menjadi sangat menjaga kesehatannya dan lebih berhati-hati, terutama untuk pergi ke rumah sakit. Di masa seperti saat ini, membuat orang-orang dipenuhi kekhawatiran terlebih ketika terjadi gejala pada tubuhnya yang sama dengan gejala pasien yang terinfeksi virus corona.

Jika mengalami gejala-gejala seperti pilek, batuk, dan demam tetapi takut untuk langsung pergi ke rumah sakit, tak perlu khawatir lagi karena gejala ringan seperti ini dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi Halodoc. 

Sejak pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia, Halodoc selalu berupaya meningkatkan pelayanan mereka untuk membantu masyarakat. Mereka berupaya untuk bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan masyarakat terkait virus corona. 

"Virus corona masuk, banyak juga user kami yang menanyakan penyakit itu. Mungkin gak semua orang mau konsultasi ke dokter, seperti itu ya. Jadi kita siapkan yang kita sebut chat bot di sini. Jadi sesimple kayak kuis seperti itu, untuk membantu juga masyarakat Indonesia apabila mereka ada pertanyaan," ujar Chief Marketing Officer Halodoc, Dionisius Nathaniel di webinar aplikasi Halodoc, Senin (1/3/2021).

Pada chat bot tersebut, Halodoc menyiapkan empat belas pertanyaan seputar gejala-gejala yang dialami pasien, atau apakah pasien pernah kontak dengan orang yang positif COVID-19 atau tidak. Dengan menjawab pertanyaan tersebut, dokter akan menganalisa untuk mendapatkan penanganan terbaik untuk pasien.

"Jadi itu very simple, 14 pertanyaan kita siapkan, di belakangnya ada algoritmanya. Di mana menanyakan hal seperti apakah pernah ada atau pernah terpapar atau tidak, berkomunikasi atau pernah berinteraksi gak dengan yang pernah terpapar dan lain sebagainya. Untuk memberikan petunjuk bagi pengguna itu, seperti pengguna itu harus isolasi mandiri atau perlu konsultasi dan lain sebagainya," lanjut Dionisius Nathaniel.

Selain menjawab pertanyaan chat bot, di Halodoc juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter dan terdapat dokter-dokter spesialis. Untuk konsultasi dengan dokter tertera dalam aplikasi harga yang harus dibayarkan dan masih sangat terjangkau. 

Tag: covid-19 telemedis teknologi kesehatan aplikasi kesehatan

Bagikan: