Kesalahan Fatal Memakai Masker Medis Double yang Ternyata Berdampak Buruk

Ilustrasi Masker Medis Double (Unsplas/@mbaumi)

ERA.id - Masker memang sudah menjadi barang wajib yang digunakan setiap orang sejak terjadinya pandemi COVID-19. Bahkan penggunaan double mask atau dua masker bersamaan juga sudah banyak dilakukan masyarakat untuk tujuan lebih efektif mengurangi penyebaran virus.

Namun penggunan dua masker sekaligus ternyata tidak boleh sembarangan, karena ada ketentuan yang harus diikuti. Dilansir dari Healthline.com, jika ingin menggunakan dua masker, hindari penggunaan dua masker medis sekaligus.

Langkah terbaik yang harus dilakukan adalah menggunakan masker medis sebagai lapisan pertama dan untuk lapisan kedua gunakan masker kain. Hal ini dikarenakan masker medis tidak dirancang untuk dipakai secara dobel dan tidak akan memberi perubahan apapun pada kemampuan filtrasi masker. 

Meskipun begitu, sebenarnya memakai masker apapun jika masih menutupi hidung dan mulut dengan baik masih bisa digunakan untuk menangkal virus. Malah, seorang Epidemiolog UI, Pandu Riono mengungkapkan penggunaan masker yang penting konsisten dari pada pakai masker dobel.

"Ya kalau pakai maskernya gak konsisten ya sama aja. Dua masker tapi pakainya kadang pakai kadang enggak. Pokoknya pakai masker yang baguslah, yang berkualitas. Tapi yang paling penting pakai masker yang benar dan konsisten gitu loh," ujar Pandu Riono saat dihubungi oleh tim Era.ID.

Ia juga menyatakan bahwa dengan selalu konsisten menggunakan masker lebih bermanfaat dari pada memakai dua masker sekaligus. Tak hanya itu, ia juga mengatakan bukan hanya persoalan masker tetapi setiap orang harus menerapkan 3M untuk menangkal virus.

"Pakai masker konsisten jauh lebih bermanfaat dari pada pakai dua masker tetapi tidak konsisten. Yang dikhawatirkan maskernya sampe sepuluh lapiskan kasihan gak bisa hirup udara. Tapi bukan hanya maskernya, tapi 3M nya gitu harus dilakukan," tutup Pandu Riono.

Tag: masker medis Masker Medis Double

Bagikan: