Bisa Memicu Efek Negatif di Tubuh, Ini 5 Tips Ampuh Terbebas dari Kecanduan Minum Kopi

Ilustrasi Kopi (Unsplash/@NathanDumlao) @christiana

ERA.idKopi merupakan minuman yang digemari banyak orang untuk dikonsumsi pada pagi hari sebelum memulai aktivitas, atau menjadi pilihan minuman ketika nongkrong. Tapi tahukah kamu bahwa meminum kopi tidak boleh berlebihan?

Takaran minum kopi yang dianjurkan adalah maksimal 4 gelas dalam satu hari. Jika minum kopi secara berlebihan, banyak dampak negatif yang akan terjadi pada tubuh. Mulai dari insomnia, serangan panik, hingga penyakit jantung.

Jadi apakah kamu merupakan orang yang minum kopi melebihi yang dianjurkan? Yuk simak 5 tips berikut untuk mengurangi kecanduan akan kopi, dilansir dari Onemedical.com.

1. Kurangi jumlah gelas kopi yang diminum sehari

Untuk mengatasi kecanduan kopi, cara pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi jumlah kopi yang diminum dalam sehari. Jika dalam sehari kamu biasa minum 6 gelas kopi, maka buat rencana untuk menguranginya secara berkala, misalnya menjadi 4 gelas, lalu 3, dan begitu seterusnya.

Langkah pertama ini harus dilakukan secara perlahan, karena jika dilakukan langsung tidak minum kopi sama sekali akan berdampak tidak baik. Biasanya efek yang ditimbulkan adalah susah konsentrasi, cepat lelah, bahkan sakit kepala. Jadi kuranginya secara perlahan ya.

Ilustrasi Kopi (Unsplash/@christiana)

2. Konsumsi minuman lainnya

Bagi yang sudah kecanduan kopi, gelas berisi kopi akan selalu ada di mana pun mereka berada. Langkah selanjutnya untuk mengurangi konsumsi kopi sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu meletakkan minuman lainnya di samping gelas kopi kamu. Melakukan hal ini akan buat kamu terbiasa untuk memilih minuman lainnya daripada kopi.

3. Campur kopi dengan lebih banyak air atau susu

Mencampur kopi dengan air atau susu lebih banyak dari biasanya. Cara ini akan membuat isi satu gelas kopi menjadi lebih banyak. Ini bisa membuat jumlah gelas yang dikonsumsi per hari menjadi berkurang. Dengan cara ini, kamu tak perlu mengubah kebiasaan kamu, karena kamu tetap bisa menikmati kopi setiap harinya dengan jumlah yang lebih sedikit.

4. Tahan diri untuk tidak membeli kopi

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menghilangkan kesempatan yang kamu miliki untuk mengonsumsi kopi. Dengan tidak adanya stok kopi yang kamu miliki di rumah, kamu tidak akan bisa membuat kopi.

Jika tidak bisa melakukannya, kamu bisa dengan membeli kopi dengan jumlah yang lebih sedikit dari biasanya. Stok kopi yang kamu miliki ini dijadwalkan harus habis pada jangka waktu yang lama. Ini akan membuat kamu mau tidak mau mengurangi jumlah kopi yang diminum per hari, sehingga stok kopi habis pada waktu yang ditentukan.

Ilustrasi Kopi (Unsplash/@fahmipaping) 

5. Tegas pada diri sendiri

Tips terakhir ini adalah tips yang paling utama harus dilakukan. Untuk mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan adalah hal yang sulit. Tetapi hal itu bisa dilakukan jika sudah menetapkan komitmen pada diri sendiri. Ini sama juga dalam hal mengatasi kecanduan kopi.

Kamu harus tegas pada diri sendiri bahwa kebiasaan minum kopi secara berlebihan adalah hal yang tidak baik dan harus segera diatasi agar tidak berdampak buruk pada tubuh. Ketegasan pada diri sendiri inilah yang menjadi penentu berjalan atau tidaknya tips yang sudah dijelaskan di atas.

Itulah tips ampuh untuk mengatasi kecanduan akan kopi. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.

Tag: kopi minum kopi kecanduan kopi

Bagikan: