Puasa Bukan Alasan, 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan agar Tubuh Tetap Bugar

| 14 Apr 2021 16:45
Puasa Bukan Alasan, 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan agar Tubuh Tetap Bugar
Puasa, ramadan, olahraga ringan, olahraga puasa,

ERA.id - Meski dihindari oleh orang-orang, nyatanya olahraga saat berpuasa memiliki banyak dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan tetap berolahraga saat puasa dapat membantu tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Namun, berolahraga saat puasa harus memperhatikan waktu untuk melakukannya dan jenis olahraganya. Waktu olahraga saat puasa yang disarankan adalah ketika berbuka dan sesaat sebelum berbuka puasa. Untuk jenis olahraga yang dilakukan harus yang ringan dan berintensitas rendah memberikan dampak lesu. 

Inilah beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa, dilansir dari Saycheers, Rabu (14/4/2021)

1. Yoga

llustrasi yoga (Unsplash/@danewellton)

Yoga merupakan jenis olahraga yang tidak membutuhkan banyak gerakan yang terlalu menguras tenaga. Hal ini menyebabkan olaharaga yang satu ini sangat dianjurkan untuk dilakukan ketika berpuasa. 

Dengan melakukan yoga juga akan membuat pikiran tenang dan tubuh menjadi lebih rileks. Tak perlu khawatir jika kamu adalahh orang awan dalam yoga, karena saat ini contoh latihan yoga sudah sangat banyak tersedia di YouTube. Lakukanlah yoga 15 sampai 30 menit sebelum berbuka puasa.

2. Bersepeda

Ilustrasi Bersepeda (Unsplash/@amenabarlad)

Bersepeda memang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat diminati di kondisi pandemi COVID saat ini. Meski sedang berpuasa, kamu juga bisa tetap melakukan olahraga bersepeda lho. Bahkan bersepeda bisa dijadikan sebagai kegiatan seru untuk menghabiskan waktu ngabuburit. Selama berpuasa, cukup lakukan bersepeda dalam waktu 30 menit sebelum berbuka puasa.

3. Jogging

IlustrasI jogging (Unsplash/@4lexmccartly)

Olahraga yang satu ini juga termasuk jenis olahraga dengan intensitas ringan yang sangat cocok dilakukan saat berpuasa. Jogging bisa dilakukan beberapa jam setelah sahur untuk membuat tubuh tetap bugar selama menjalani puasa. Tapi ingat, lakukanlah jogging ringan dan yang tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga.

Tak cuma setelah sahur, jogging juga bisa dilakukan sebelum waktu berbuka puasa ataupun di malam hari setelah berbuka.

4. Latihan beban

Ilustrasi latihan beban (Unsplash/@victorfreitas)

Siapa bilang latihan beban tidak bisa dilakukan ketika berpuasa? Latihan beban masih sangat bisa dilakukan saat puasa, tetapi hanya untuk latihan beban yang ringan saja. Jika melakukan latihan yang berat-berat ketika bepuasa dapat menimbulkan dehidrasi. Lakukanlah latihan beban sore hari menjelang waktu buka puasa. Usahakan melakukan olahraga ini secara perlahan agar otot tidak kram.

5. Sit up dan push up

Ilustrasi sit up (Pixabay/@keifit)

Sit up dan push up juga bisa menjadi pilihan olahraga saat puasa. Namun, dalam melakukan olahraga ini perhatikan kondisi tubuh dan sesuaikan dengan tenaga yang dimiliki. Disarankan untuk melakukan sit up dan push up menjelang waktu berbuka puasa. Dengan melakukan olahraga ini dapat menguatkan otot dan menjaga bentuk postur tubuh. 

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Rekomendasi