Sering Kentut? Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

| 15 Apr 2021 13:57
Sering Kentut? Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id- Buang gas alias kentut merupakan hal yang normal dalam kesehatan. Bahkan dalam sehari, orang bisa kentut sebanyak 14 kali. Kentut juga sering dijadikan pertanda apakah tubuh di dalam diri sedang sehat atau tidak.

Kentut atau buang gas sendiri terjadi karena di dalam usus terdapat penumpukan gas hasil proses pencernaan yang berasal dari pertumbuhan bakteri dalam usus kecil, karbohidrat yang belum dicerna secara maksimal, dan udara yang dihirup.

Tapi tahukah kamu, jika ternyata sering kentut juga menjadi tanda bahwa dalam tubuh memiliki penyakit serius.

Kentut merupakan gas dalam saluran pencernaan yang dibuang dari tubuh melalui anus. Kentut berasal dari gas yang berkumpul di usus dari sisa penyerapan makanan yang terbuang.

Seperti dikutip dari Alodokter, seseorang yang memiliki kelebihan gas dalam pencernaannya biasanya ditandai dengan sering kentut, perut kembung, dan bersendawa.

Akan tetapi apabila dalam sehari kentut hingga 50 kali, dan disertai gejala lain seperti nyeri perut hingga keluarnya darah, maka dianjurkan segera memerikasakan diri kedokter.

Berikut 5 penyakit serius yang ditandai dengan sering kentut:

1. Bisa jadi karena ganguan pada lambung, seperti penyakit asam lambung

2. Ganguan pencernaan seperti intoleransi laktosa

3. Radang pada usu, seperti pada penyakit cronh dan colitis ulseratif

4. Sindrom dumping

5. Ganguan makanan

Mungkin sebagian orang mengaggap kentut sebagai hal sepele, tapi sebenarnya bisa menjadi pertandan serius, maka jangan anggap remeh kentut.

Rekomendasi