Cita Citata Ungkap Penyebab Dirinya Mengidap Autoimun, Sering Suntik Putih hingga Konsumsi Vitamin Kimia

Cita Citata (Foto: Dok Era.ID/ Yesica Sitinjak)

ERA.id - Beberapa waktu lalu, Cita Citata divonis mengidap penyakit autoimun. Menurut pengakuan Cita, penyakit ini bisa muncul karena kebiasaan buruknya yang rutin mengonsumsi vitamin-vitamin kimia untuk perawatan tubuh.

"Jadi Autoimun dalam tubuhku terjadi karena aku terlalu banyak minum vitamin kimia. Bukan aku ngelarang kalian untuk konsumsi atau menjatuhkan ilmu kedokteran, tapi alangkah baiknya untuk beralih ke herbal. Memang agak lama, tapi alami," ujar Cita Citata saat ditemui Era.id di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, pada Selasa (25/5/2021).

Pelantun lagu "Sakitnya Tuh Disini" itu mengatakan bahwa penyakit ini bisa muncul karena dirinya yang selalu menggunakan suntik vitamin C untuk memutihkan kulit. Hal ini membuat sel darah putihnya menjadi lebih banyak dari sel darah merah. Dengan kejadian ini, Cita pun mengaku sudah kapok dan tak melakukan suntik pemutihan lagi.

"Jadi gara-gara itu sel darah putihku terlalu banyak, bisa jadi karena vitamin C yg suntik terus whitening dan segala macam lah. Jadi aku udah gak whitening lagi sekarang. Sementara sel darah putih harus 1:4," ungkap Cita Citata.

Cita mengungkapkan bahwa ia mengonsumsi vitamin kimia selama lima tahun. Selama waktu itu, ia kerap mengalami alergi tetapi tidak mengetahui penyebabnya.

"Lima tahun (konsumsi vitamin kimia). Jadi pas lima tahun itu aku minum, selama itu juga aku terus-terusan alergi. Jadi selama itu aku gak tahu kondisi badan aku ternyata kena autoimun," kata Cita Citata

Lebih Lanjut, Cita juga menjelaskan bahwa sebenarnya ia mengonsumsi vitamin hanya satu tablet per hari, namun dalam dosis yang tinggi. Ia juga merasa menyesal akan kebiasaan buruk tersebut, terlebih sebenarnya vitamin itu bisa didapatkan melalui produk alami.

"Satu, tapi kan yang seribu (dosisnya) itukan bahaya sebenarnya. Padahal vitamin C sebetulnya bisa didapat dari jeruk, minum aja jus itu setiap hari. Terus vitamin D dari susu," lanjut Cita Citata.

Tag: Cita Citata Cita Citata autoimun autoimun

Bagikan: