Jangan Sembarang Hujat Perkembangan Anak Shandy Aulia, Simak Kata Pakar Gizi Ini

| 25 Jun 2021 20:39
Jangan Sembarang Hujat Perkembangan Anak Shandy Aulia, Simak Kata Pakar Gizi Ini
Ilustrasi anak bayi

ERA.id - Selebritas Shandy Aulia baru-baru ini mengungkap identitas penghina putrinya lewat unggahan akun Instagram dia hari ini.

Salah satu pengguna Instagram mengkritisi tumbuh kembang Claire Herbowo, anak Shandy Aulia yang masih balita.

Anehnya, komentar netizen tersebut hanya melihat secara kasat mata saja. Padahal untuk menilai anak kurang gizi atau tidak, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan termasuk ukuran pertumbuhan secara klinis.

Ahli gizi Dr. dr Tan Shot Yen, M.Hum menjelaskan syarat balita yang tumbuh dan berkembang dengan baik, adalah balita yang pertumbuhannya senantiasa mengalami kenaikan.

"Bisa dilihat dari grafik tumbuh kembangnya kan. Makanya setiap bulan anak itu harus ditimbang, diukur tingginya dan lingkar kepalanya," kata dr Tan, Jumat (25/6/2021).

Balita yang sehat, pertumbuhannya harus memiliki tren yang naik dan sesuai target.

"Kalau stagnan atau terjun bebas bahaya."

Senada dengan dokter Tan, dokter spesialis anak lulusan Universitas Sebelas Maret dr Noor Anggrainy Retnowati mengatakan meski tumbuh kembang balita berbeda-beda, namun tetap harus diperhatikan setiap bulannya.

"Harus rutin setiap bulan diukur berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan setidaknya sampai usia dua tahun," kata dr Noor.

Dia mengatakan jika pertumbuhan balita tidak mengalami kenaikan, maka harus segera diperbaiki. "Kalau tidak optimal harus segera digali itu kenapa," katanya.

"Utamanya usia nol bulan sejak kita tahu kita hamil sampai dia usia dua tahun adalah golden period, di mana otak manusia sudah berkembang hingga 80 persen yang mana ujung-ujungnya akan memengaruhi gizi dan tinggi badan anak ke depan," katanya.

Jika memang balita kurang gizi maka harus ditelusuri, untuk anak usia 6 bulan apakah cara menyusuinya sudah benar, kalau usia satu tahun apakah cara memberi MPASi sudah benar.

"Kita lihat pemberian makanan apakah sudah benar, apakah isinya sudah adekuat, apakah frekuensi sesuai waktu kah?" Katanya.

Selain itu, keaktifan anak dalam berkegiatan juga bisa menjadi tanda bahwa anak tersebut cukup gizi atau tidak.

"Anak kurang gizi bisa dilihat anak jadi lemah, lebih malas, tidak aktif dan lebih malas," katanya.

Sementara itu, terkait perkembangan bahasa, anak balita usia 12 sampai 18 bulan hendaknya sudah bisa mengucapkan tiga sampai enam kata dengan arti.

"Misal dia sudah tahu kucing dan bisa menunjuknya dengan jari, dia suah bisa menyebut dengan ucapan misalnya 'pus'. Dia akan bisa memiliki kosa kata baru setiap hari sampai menggabungkan dua kata," katanya.

Anak balita kurang gizi memang terkadang bisa dilihat dari ciri rambut yang tipis dan sewarna jagung, namun dr Noor mengingatkan bahwa rambut memiliki kaitan dengan genetik.

"Kalau di keluarganya ada yang berambut pirang ya bisa saja anak akan memiliki rambut jagung."

Rekomendasi