Dokter Muslim Tiongkok Sebut Air Rebusaan Bawang Putih Bisa Sembuhkan Covid-19, Benarkah? Cek Faktanya!

| 11 Jul 2021 14:11
Dokter Muslim Tiongkok Sebut Air Rebusaan Bawang Putih Bisa Sembuhkan Covid-19, Benarkah? Cek Faktanya!
Air Rebusan Bawang Putih (Dok: Freepik/8photo)

ERA.id - Meningkatnya kasus Covid-19 tak lepas dari kabar yang simpang siur beredar di kalangan masyarakat. Kali ini muncul kabar yang menyebut air rebusan bawang putih bisa menyembuhkan Covid-19.

Kabar simpang siur itu pertama kali muncul dan beredar dari pesan berantai yang beredar di WhatsApp. Dalam pesan itu disebutkan bahwa air rebusan bawang putih bisa menyembuhkan Covid-19.

"Kabar baik…. Virus Corona dapat sembuh dgn sendirinya dengan semangkuk air bawang putih yang baru direbus. Seorang Dokter muslim Tiongkok yang telah membuktikan keefektifannya. Banyak pasien juga telah terbukti efektif," bunyi pesan berantai itu.

Tak berhenti sampai di situ saja, isi pesan itu juga menjabarkan tata cara untuk mendapatkan air rebusan bawang putih, yang dipercaya bisa menyembuhkan Covid-19.

"Resep: Ambil delapan (8) siung bawang putih cincang, tambahkan tujuh (7) gelas air dan didihkan. Makan dan minum air matang dari bawang putih," lanjut pesan itu.

Tak tanggung-tanggung, pesan itu juga mengklaim bahwa dengan meminum air rebusan bawang putih tersebut bisa menyembuhkan hanya dalam waktu semalam.

"Diperbaiki dan disembuhkan dalam semalam… tolong bagikan dengan semua kontak Anda agar dapat membantu menyelamatkan nyawa manusia. mari berbagi kebaikan, karena bagian dari iman, selain ber’doa dan jaga kebersihan. BERBAGI ITU INDAH," tutup pesan itu.

Sayangnya klaim tentang air rebusan bawang putih yang bisa menyembuhkan Covid-19 itu adalah salah. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Sekretasi Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Achamd Yurianto mengatakan air rebusan bawang putih tidak bisa menyembuhkan virus corona.

Yuri juga menegaskan sampai saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa meminum air rebusan bawang putih bisa menyembuhkan orang-orang yang terpapar Covid-19.

Begitu juga dengan WHO yang mengklaim hal serupa dengan Kementerian Kesehatan RI. WHO mengatakan bawang putih merupakan makanan yang kemungkinan memiliki kandungan yang bersifat antimikroba.

Secara keseluruhan, klaim atas air rebusan bawang putih bisa menyembuhkan Covid-19 adalah salah dan tidak sesuai dengan fakta. Jadi berhati-hati lah bila menerima pesan berantai yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Rekomendasi