Kabar Gembira! Spray Semprotan hidung 'antiCovid-19' Enovid Mulai Dijual di Apotek, Harganya Rp600 Ribuan

Tim Editor

Enovid (Forward)

ERA.id - Enovid, semprotan hidung baru yang diklaim ampuh melawan virus corona penyebab COVID-19, sekarang mulai dijual di Israel.

Meskipun Israel menyetujui Enovid sebagai perangkat medis dengan klaim untuk melindungi dari virus, uji klinis Fase II di Inggris Raya menemukan bukti yang signifikan secara statistik bahwa semprotan Enovid dapat mencegah penularan virus corona dan mengurangi viral load dan keparahan gejala pada mereka yang sudah terinfeksi.

Dikembangkan oleh SaNOtize, startup biotek Kanada yang didirikan bersama oleh ilmuwan Israel Dr. Gilly Regev dan Dr. Chris Miller, semprotan Enovid juga telah disetujui untuk dijual di negara Islam, Bahrain.


Dipasarkan sebagai “pembersih hidung,” pengujian laboratorium SaNOtize terhadap Enovid menemukan bahwa Enovid mampu membunuh 99,9 persen virus hidup dalam waktu dua menit. Ketika mulai dijual bulan ini, persediaan awalnya terjual habis dari apotek Israel dalam dua hari.

“Saya sangat berharap ini adalah studi kasus yang baik untuk menunjukkan kepada dunia apa yang dapat dilakukan produk seperti ini,” kata Regev seperti dikutip dari Forward, Minggu (25/7/2021).



Saat varian Delta menyebar, Enovid dapat memberikan solusi yang menjanjikan untuk memperlambat transmisi di antara yang divaksinasi dan yang tidak divaksinasi.

“Dengan meningkatnya infeksi saat ini karena kemanjuran vaksin dengan varian Delta yang lebih rendah, kombinasi semprotan hidung dengan vaksin akan memberi orang perlindungan yang lebih kuat,” kata Regev.

SaNOtize belum menguji Enovid pada varian Delta secara khusus. Namun, Regev mengharapkan semprotan hidung untuk melawannya.

“Ini antivirus umum. Kami mengujinya pada influenza, kami mengujinya pada rhinovirus, kami mengujinya pada RSV, ”katanya.

Enovid dijual sekitar 42 dolar (Rp607 ribu). Cukup untuk dipakai selama sebulan dengan dosis 2 kali semprot per hari.



Tag: israel obat covid-19 obat corona enovid

Bagikan: