Stres di Masa Pandemi Covid-19? Konsumsi 9 Makanan Ini untuk Jaga Kesehatan Mental

Tim Editor

Oatmeal (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

ERA.id - Sudah 1,5 tahun, pandemi Covid-19 melanda di Indonesia. Penyebaran virus belum terkendali, situasi kian memburuk. Dampaknya pun meluas, terhadap perekonomian masyarakat. Persoalan menjadi kompleks, yang berpotensi mengganggu kesehatan mental siapa saja.

Salah satu cara meringankan stres adalah makanan. Terhindar dari risiko penyakit sekaligus menaikkan imunitas tubuh, sebaiknya pilih makanan sehat untuk menurunkan stres. Berikut 5 makanan yang bisa menjaga kesehatan mental, seperti dilansir dari Halodoc pada Rabu (11/8/2021).

1. Berry

Buah berry (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)
Buah berry (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)

Dibanding jenis buah lainnya, buah-buahan berry memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Pada blueberry dan stroberi misalnya, kandungan antosianin di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif otak, sekaligus melindungi jantung.

2.Alpukat

Kandungan senyawa unik glutathione dalam alpukat secara khusus dapat memblokir penyerapan lemak tertentu dalam usus, yang bisa menyebabkan kerusakan oksidatif. Buah berdaging hijau ini juga kaya akan lutein, beta karoten, vitamin E, dan folat.

3.Jeruk

Jeruk (Foto: Pexels/Pixabay)
Jeruk (Foto: Pexels/Pixabay)

Dikenal sebagai salah satu buah yang kaya vitamin C, jeruk juga termasuk dalam makanan sehat yang bisa meringankan stres, lho. Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengurangi efek fisik dan psikologis dari stres.

4.Yoghurt

Pada beberapa kondisi, stres juga bisa dipicu oleh bakteri jahat yang bermukim dalam sistem pencernaan. Studi yang dilakukan Universitas California (UCLA) pada 2013 mengungkapkan, 36 wanita sehat yang mengonsumsi probiotik dalam yoghurt, memiliki aktivitas otak yang menangani emosi lebih rendah, dibanding orang yang mengonsumsi yoghurt tanpa probiotik atau tanpa yoghurt sama sekali.

Meski demikian, penelitian ini masih dalam skala kecil, sehingga masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan hasilnya. Namun, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi yoghurt sebagai camilan untuk menghilangkan stres. Terlebih, makanan ini juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya, seperti protein dan kalsium.

5.Kacang Mede

Kacang mede (Foto: Pexels/Martyn Gomersall)
Kacang mede (Foto: Pexels/Martyn Gomersall)

Mengonsumsi kacang mede sebagai camilan juga bisa mengurangi stres. Sebab, kacang mede kaya akan kandungan zinc, yang dapat meredakan kecemasan dan mencegah kecenderungan depresi.

6.Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam atau asparagus mengandung folat, yang membantu tubuh menghasilkan dopamin, yaitu zat kimia otak yang merangsang rasa bahagia. Studi pada 2012 yang dipublikasikan dalam Journal of Affective Disorders mengungkapkan, mereka yang mengonsumsi paling banyak folat memiliki risiko gejala depresi yang lebih rendah daripada mereka yang makan paling sedikit

7.Oatmeal

Oatmeal (Foto: Pexels/Javier Disabato)
Oatmeal (Foto: Pexels/Javier Disabato)

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks, yang membantu otak memproduksi hormon serotonin, yang bisa meningkatkan suasana hati. Selain itu, hormon serotonin juga memiliki sifat antioksidan, serta efek menenangkan yang dapat meredakan stres. 

8.Salmon

Perlu diketahui, stres bisa menimbulkan kecemasan, akibat melonjaknya hormon adrenalin dan kortisol. Nah, kandungan asam lemak omega-3 dalam salmon punya sifat antiperadangan, yang membantu melawan efek negatif dari hormon stres tersebut.

9.Cokelat Hitam

Cokelat hitam (Foto: Pexels/Pixabay)
Cokelat hitam (Foto: Pexels/Pixabay)

Suka ngemil cokelat saat stres? Coba deh ganti cokelatnya dengan cokelat hitam atau dark chocolate. Jenis cokelat ini memiliki kandungan polifenol dan flavonoid, dua jenis antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi cokelat hitam sebagai camilan juga mampu menurunkan tekanan darah yang memicu perasaan rileks.

Tag: menaikan imun tubuh Makanan menaikan imun makanan jaga kesehatan mental

Bagikan: