6 Pilihan Camilan Ini Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh Sekaligus Bikin Tubuh Tetap Langsing

| 24 Aug 2021 08:10
6 Pilihan Camilan Ini Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh Sekaligus Bikin Tubuh Tetap Langsing
Yogurt campuran kacang dan berry (Foto: Unsplash/Julian Hochgesang)

ERA.id - Beragam upaya dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh supaya terhindar dari Covid-19. Salah satunya adalah memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Akan tetapi, banyak orang yang tidak memperhatikan asupan makanan sehingga berat badan menjadi bertambah.

Apabila kamu sedang menurunkan berat badan sekaligus ingin meningkatkan imunitas tubuh, sebaiknya konsumsi camilan sehat dengan kandungan nutrisi yang baik. Selain sehat, tentunya berat badanmu tidak naik dan justru menjadi turun. Berikut 6 pilihan camilan yang bisa kamu konsumsi, seperti dilansir dari Alodokter pada Senin (23/8/2021).

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (Foto: Pexels/Marta Branco)
Kacang-kacangan (Foto: Pexels/Marta Branco)

Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, pistachio, mete, almond, dan kenari, adalah camilan sehat yang ideal. Meski relatif tinggi kandungan lemak, bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, kacang-kacangan justru bisa membantu menurunkan berat badan.

Pasalnya, lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah lemak sehat, yang juga diimbangi dengan kandungan protein dan serat. Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, kacang-kacangan juga membantu menurunkan risikomu menderita penyakit jantung, kanker, dan depresi. Jumlah konsumsi kacang-kacangan yang ideal adalah sekitar 28 gram per porsinya.

2. Pir dan keju ricotta

Ini juga merupakan kombinasi camilan sehat yang bisa dicoba, karena buah pir adalah sumber serat yang baik dan keju ricotta mengandung protein yang tinggi. Dengan mengonsumsi pir dan keju ricotta, ini bisa menjaga rasa kenyang agar bertahan lebih lama, sehingga terhindar dari risiko makan berlebihan.

Selain itu, keju ricotta juga kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot. Konsumsi 1 buah pir dengan 100 gram keju ricotta per porsinya bisa mengenyangkan sekaligus menjaga berat badan yang ideal.

3. Apel dan selai kacang

Apel (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)
Apel (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Apel kaya akan kandungan serat dan antioksidan, seperti polifenol dan vitamin C. Sementara itu, selai kacang tinggi akan kandungan protein yang dapat membuat tubuh lebih berenergi dan kenyang lebih lama.

Selai kacang juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Kamu bisa mengonsumsi 1 buah apel berukuran sedang dengan 15 gram atau sekitar 1 sendok makan selai kacang sebagai opsi camilan sehatmu.

4. Telur rebus dan asparagus

Kombinasi antara telur rebus dan asparagus merupakan camilan sehat yang sangat baik untuk menjaga berat badan ideal. Telur rebus mengandung protein, vitamin K2, dan vitamin B12 yang tinggi. Sementara itu, kandungan serat dari asparagus akan menyeimbangkan protein alami dari telur.

Mengonsumsi 2 jenis makanan ini bisa membuat Anda kenyang dalam waktu yang lama, sehingga dapat mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi. Untuk menyantapnya, kamu bisa mengombinasikan 1 butir telur rebus dengan 15 tangkai asparagus per porsinya. Jika sulit menemukan asparagus, kamu juga bisa menggantinya dengan sayuran lain, seperti brokoli, bayam, kacang panjang, wortel, atau seledri.

5. Kacang edamame

Kacang edamame (Foto: Freepik/stockking)
Kacang edamame (Foto: Freepik/stockking)

Kacang edamame juga merupakan salah satu pilihan camilan sehat yang baik. Edamame banyak mengandung antioksidan, protein, dan serat yang dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar gula dalam darah. Dengan mengonsumsi sekitar 150 gram kacang edamame rebus, Anda sudah memenuhi sekitar 35% kebutuhan serat dan protein harian.

6. Beri dan yogurt

Buah beri, seperti strawberry dan blueberry, yang dikonsumsi bersama yogurt merupakan camilan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, dan antioksidan. Buah beri juga banyak mengandung kalium, protein, dan kalsium.

Agar lebih sehat, kamu bisa mengonsumsi sekitar 50 gram buah beri dan 100 gram yogurt atau setara 7 sendok makan. Jika sulit menemukan buah beri, Anda bisa menggantinya dengan buah lain yang juga tidak kalah sehat, seperti mangga, pisang, nanas, atau jambu.

Rekomendasi