Camilan Sehat untuk Buka Puasa yang Direkomendasikan

| 31 Mar 2024 11:00
Camilan Sehat untuk Buka Puasa yang Direkomendasikan
Ilustrasi pilihan camilan sehat untuk buka puasa. (Unsplash)

ERA.id - Momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim saat bulan Ramadhan tentunya adalah waktu berbuka puasa. Setelah menahan lapar dan haus seharian,  umat Muslim bisa berbuka dengan menu makanan yang disukai, salah satunya adalah camilan. Namun, jika Anda memilih camilan, hendaknya pilih camilan sehat untuk buka puasa.

Camilan Sehat untuk Buka Puasa

Pada umumnya, camilan sehat bisa dikonsumsi sebelum mulai mengonsumsi makanan berat untuk berbuka puasa.

Nah, ketimbang Anda mengonsumsi camilan yang tidak sehat, sebaiknya sediakabn camilan ringan dan sehat di bawah ini untuk menu berbuka puasa Anda.

Kurma

Kurma teruji memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab di dalamnya terkandung banyak nutrisi yang bermacam-macam. Kurma juga sering digunakan sebagai makanan pembuka saat puasa.

Namun, Anda disarankan tetap mengonsumsi kurma dalam kadar normal dan tidak berlebihan, hal ini perlu dilakukan agar tubuh kita terhindar dari efek buruk yang ditimbulkan.

Kurma bagus menjadi camilan sehat untuk buka puasa karena mengandung tinggi serat, tinggi vitamin B6, mengandung pemanis alami, dan juga membantu merawat kesehatan tulang.

Ilustrasi jenis kurma (Freepik)

Protein bar

Berbuka puasa juga sebaiknya tidak langsung diawali dengan makanan porsi besar. Anda dapat menjadikan protein bar sebagai salah satu menu berbuka puasa dengan segelas air putih.

Protein bar mengandung banyak jenis protein yang dapat membantu Anda meredakan rasa lapar dan mencukupi kebutuhan protein harian. Sehingga, porsi makanan juga bisa terkontrol dengan baik khususnya pada masa puasa.

Dark chocolate

Cokelat hitam atau dark chocolate juga dapat Anda jadikan camilan sehat saat sedang menjalankan puasa. Rasa manis dan pahit yang pas menjadikan camilan cokelat ini dijadikan menu berbuka puasa.

Selama Anda memperhatikan porsi yang tepat dan tidak berlebihan, dark chocolate sangat bermanfaat untuk tubuh Anda. Salah satunya karena adanya kandungan anti-oksidan yang baik bagi kesehatan kulit dan tubuh.

Yogurt

Bagi yang senang dengan rasa makanan manis dan asam, yogurt dapat menjadi pilihan sebab memberikan banyak manfaat juga bagi kesehatan. Yogurt, melansir laman Women’s Health Mag, adalah jenis camilan sehat yang penuh dengan kandungan protein.

Untuk menambah jumlah serat yang bernutrisi, Anda bisa menambahkan buah-buah segar sebagai topping, agar kesehatan pencernaan di masa puasa tetap terjaga.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis camilan sehat yang tetap dapat dikonsumsi saat sedang berpuasa tanpa khawatir berat badan bertambah.

Baik kacang yang dikukus maupun dipanggang, kacang tetap menjadi camilan sehat yang memiliki kalori rendah. Mengutip laman Health Line, kacang-kacangan mengandung porsi lemak sehat, protein, dan serat yang seimbang.

Dengan demikian, Anda tetap dapat mengonsumsinya selama masa puasa, tetapi tetap perhatikan porsi agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Demikianlah ulasan tentang camilan sehat untuk buka puasa, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi