Cegah Covid-19, Konsumsi 4 Sayuran Ini untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

| 28 Aug 2021 08:00
Cegah Covid-19, Konsumsi 4 Sayuran Ini untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh
Sayuran (Foto: Pexels/Kaboompics .com)

ERA.id - Daya tahan tubuh menjadi salah satu kunci mencegah serangan Covid-19. Beragam upaya telah dilakukan agar terhindar dari Covid-19. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat. Ada banyak jenis makanan yang penuh nutrisi memiliki manfaat sebagai meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu jenis makanan yang harus banyak dikonsumsi di masa pandemi adalah sayuran. Tetapi, tak semua sayuran bisa menjaga imunitas tubuh atau. Berikut 4 sayuran tertentu yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, seperti dilansir dari Healthline pada Sabtu (28/8/2021).

1. Paprika merah

Paprika merah mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk Florida. Paprika merah juga merupakan sumber beta karoten yang kaya. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Beta karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A, membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

2. Brokoli

Sop brokoli (Foto: Pexels/Zamani Sahudi)
Sop brokoli (Foto: Pexels/Zamani Sahudi)

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral. Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya, brokoli adalah salah satu sayuran paling sehat yang bisa ditaruh di piring. Kunci untuk menjaga kekuatannya tetap utuh adalah memasaknya sesedikit mungkin, atau lebih baik lagi, tidak sama sekali. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengukus adalah cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak nutrisi dalam makanan.

3. Bawang putih

Bawang putih ditemukan di hampir setiap masakan di dunia. Ini menambahkan sedikit semangat untuk makanan dan itu harus dimiliki untuk kesehatan. Peradaban awal mengakui nilainya dalam memerangi infeksi. Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan arteri, dan ada bukti lemah bahwa bawang putih membantu menurunkan tekanan darah. Sifat meningkatkan kekebalan bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

4. Bayam

Bayam (Foto: Pexels/Rodolfo Quirós)
Bayam (Foto: Pexels/Rodolfo Quirós)

Bayam masuk daftar kami bukan hanya karena kaya akan vitamin C, tetapi juga dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh.

Mirip dengan brokoli, bayam paling sehat jika dimasak sesedikit mungkin agar nutrisinya tetap terjaga. Namun, memasak ringan membuatnya lebih mudah menyerap vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat, antinutrisi.

Rekomendasi