Membantu Jaga Kesehatan Kulit, Awet Muda Hingga Rambut, 7 Makanan Meningkatkan Produksi Kolagen

| 07 Sep 2021 08:03
Membantu Jaga Kesehatan Kulit, Awet Muda Hingga Rambut, 7 Makanan Meningkatkan Produksi Kolagen
Tulang rawan ayam (Foto: Instagram/@foodiewithflair)

ERA.id - Makanan yang bisa membantu meningkatkan kolagen menjadi incaran banyak orang, terutama perempuan. Fungsi kolagen tidak hanya terbatas untuk kulit, melainkan berbagai bagian tubuh, seperti menjaga dan melindungi folikel rambut dari kerusakan, mengurangi selulit, hingga menyembuhkan luka.

Kaum hawa rela memakai berbagai produk dalam bentuk krim wajah, pil hingga minuman yang menawarkan kandungan kolagen. Kamu tak perlu memakai ketiga bahan yang tak alami itu, salah satu cara paling mudah adalah makanan. Berikut 7 makanan mengandung kolagen, seperti dilansir Hello Sehat.

1. Kaldu tulang

Kaldu tulang terbuat dari rebusan tulang dan jaringan ikat sehingga kaya akan kolagen serta penyusunnya seperti kalsium, fosfor, kondroitin, dan asam amino. Agar kaldu tulang Anda berkualitas tinggi, sebaiknya kamu membuatnya dari bahan-bahan yang kamu beli sendiri.

2. Tulang rawan ayam

Tulang rawan ayam (Foto: Instagram/@ryuugo1)
Tulang rawan ayam (Foto: Instagram/@ryuugo1)

Tulang rawan ayam merupakan salah satu sumber kolagen terbaik, terutama untuk penderita radang sendi. Bahkan, kamu mungkin tidak perlu mengonsumsi tambahan suplemen kolagen karena sebagian besar produknya ternyata dibuat dari bahan ini.

3. Putih telur

Putih telur memang tidak mengandung jaringan ikat seperti sumber kolagen lainnya. Namun, putih telur sangat tinggi akan proline, yaitu asam amino yang menjadi bahan utama pembentuk kolagen.

4. Jeruk

Jeruk (Foto: Pexels/Pixabay)
Jeruk (Foto: Pexels/Pixabay)

Jeruk dan buah sitrus lainnya seperti lemon, jeruk nipis, dan limau gedang merupakan sumber vitamin C yang tinggi. Vitamin C dibutuhkan untuk membuat pro kolagen, jadi pastikan kamu menambahkan buah-buahan ini dalam menu harian.

5. Sayuran hijau

Kamu bisa mendapatkan manfaat kolagen dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli. Sayuran hijau kaya akan klorofil dan zat ini diyakini mampu meningkatkan produksi bahan baku kolagen pada jaringan kulit.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (Foto: Pexels/Mehran B)
Kacang-kacangan (Foto: Pexels/Mehran B)

Hampir semua jenis kacang kaya akan asam amino. Mengonsumsi kacang-kacangan akan menyediakan bahan-bahan baku yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk kolagen pada jaringan kulit, rambut, dan tubuh secara keseluruhan.

7. Bawang putih

Jika tidak diimbangi dengan produksi kolagen yang cukup, penguraian kolagen secara berkala mempercepat penuaan kulit. Mineral sulfur pada bawang putih bisa membantu mencegah hal ini dengan memperlambat penguraian kolagen.

Rekomendasi