Wajib Dikonsumsi, 5 Menu Makanan ala Jepang yang Buat Kamu Panjang Umur

| 02 Nov 2021 08:05
Wajib Dikonsumsi, 5 Menu Makanan ala Jepang yang Buat Kamu Panjang Umur
Ikan (Foto: Pexels/Dana Tentis)

ERA.id - Jepang terkenal bukan karena negara maju, melainkan angka harapan hidup yang luar biasa. Bahkan, banyak yang berhasil mencapai angka 100 tahun. Menurut sebuah penelitian, orang Jepang hidup lebih lama ketimbang orang di negara lain di dunia (nomor dua setelah orang Monako).

Menurut data WHO, angka harapan hidup rata-rata penduduk Jepang sekitar 87 tahun. Pada 2019, tercatat sekitar 2,31 juta penduduknya berumur 90 tahun dan sekitar 71.000 yang berumur 100 tahun. Rendahnya angka kematian hal ini karena orang Jepang dikenal memiliki gaya hidup yang sehat.

Salah satu hal yang sangat diperhatikan orang Jepang adalah makanan. Pola makanan sehat orang Jepang inilah yang membuat mereka umurnya panjang. Berikut 5 makanan orang Jepang yang dipercaya bisa panjang usia, seperti dilansir dari Klik Dokter.

1. Ikan

Ikan salmon (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)
Ikan salmon (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)

Salah satu menu makan siang orang Jepang yang paling terkenal adalah ikan. Makanan ini merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan mereka. Ikan dapat menjadi sumber asam lemak omega-3 untuk memelihara kesehatan jantung. Lalu, ikan juga mengandung selenium yang berfungsi mempertahankan antioksidan dan daya tahan tubuh. The American Heart Association pun menyarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tak heran, orang yang rajin mengonsumsinya memiliki angka harapan hidup yang lebih baik. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat sayuran dapat mencegah penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Salah satu sayuran yang terkenal di Jepang adalah pare atau biasa disebut goya. Pare dinilai dapat membantu mengontrol dan menurunkan kadar gula darah, sehingga menurunkan risiko diabetes.

3. Biji Kedelai

Biji kedelai (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)
Biji kedelai (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Biji kedelai sering diolah menjadi menu makanan oleh penduduk Jepang. Nama menunya adalah natto, yaitu makanan tradisional Jepang dari hasil fermentasi biji kedelai. Biji kedelai mengandung isoflavon yang memiliki sifat atau efek antikanker dan sehat untuk jantung. Selain itu, kedelai juga merupakan sumber protein nabati.

4. Tofu

Bila sering ke restoran Jepang, pasti kamu tidak asing lagi dengan sup miso yang kerap dihidangkan sebagai pembuka. Nah, sup ini berbahan dasar tofu atau tahu yang dibuat dari biji kedelai. Selain menjadi sumber protein nabati yang baik, kandungan nutrisi kedelai yang beragam dinilai memiliki efek antidiabetes, antikanker, dan baik untuk menurunkan berat badan.

5. Teh Hijau

Teh hijau (Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)
Teh hijau (Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)

Orang Jepang sangat suka minum teh hijau. Mereka meminum teh ini tanpa menambahkan gula, sehingga menjadi lebih sehat. Teh hijau memiliki serangkaian manfaat yang mengesankan, seperti membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengatur tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan, dan menurunkan kolesterol.

Rekomendasi