Wajib Hindari Dimasa Pandemi Covid-19, 5 Minuman Ini Dipercaya Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh

| 27 Aug 2021 08:04
Wajib Hindari Dimasa Pandemi Covid-19, 5 Minuman Ini Dipercaya Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh
Latte (Foto: Pexels/Pixabay) minuman menurunkan imun

ERA.id - Di masa pandemi Covid-19, kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Selain olahraga, kita harus menjaga makanan dan minuman sehat yang penting dijaga setiap orang agar terhindar dari Covid-19. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman sehat dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Akan tetapi, kebanyakan orang hanya tahu apa saja makanan yang bisa menurunkan imunitas tubuh. Padahal, ada sejumlah minuman yang dipercaya bisa membuat drop dan berisiko terkena Covid-19. Berikut 5 minuman yang dipercaya bisa menurunkan imunitas tubuh, seperti dilansir dari Eat This pada Jumat (27/8/2021).

1. Soda

Soda (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)
Soda (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

Memang makanan atau minuman yang berbau gula berlebih dapat menimbulkan masalah pada sistem kekebalan tubuh, akan tetapi soda mungkin adalah penyebab terburuk. Selain sarat dengan gula, soda juga diberikan warna buatan yang. Alicia Galvin, ahli diet di Sovereign Laboratories mengatakan soda berdampak negatif pada lapisan gastrointestinal.

Hammond menambahkan bahwa minuman berkarbonasi sering mengandung fosfor, yang menyebabkan penipisan kalsium dari sel-sel melalui ginjal. Sebab, kalsium memainkan peran penting dalam aktivasi sel-sel dalam sistem kekebalan, kalsium rendah berarti kekebalan yang lebih rendah.

2. Alkohol

Menurut Dr. Branin, alkohol seperti bir dan anggur dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi. Penggunaan alkohol kronis sebenarnya mengganggu fungsi normal dari semua aspek respon imun adaptif. Alkohol juga meningkatkan hormon stres kortisol, gula darah, dan insulin, dan ketiganya dapat berdampak negatif pada fungsi kekebalan tubuh ketika meningkat.

Mary Shackelton mengatakan konsumsi alkohol yang berlebihan dan gangguan respons kekebalan. Efeknya termasuk peningkatan kerentanan terhadap pneumonia, dan kemungkinan lebih besar mengembangkan sindrom stres pernapasan akut (ARDS), faktor ini berpotensi berdampak pada hasil COVID-19.

3. Latte

Latte (Foto: Pexels/Chevanon Photography)
Latte (Foto: Pexels/Chevanon Photography) 

Manisnya latte mampu memberikan ledakan energi yang cepat, tapi juga  merusak kesehatan kekebalan tubuh. Holly Klamer, MS, RDN, dari My Crohn's and Colitis Team mengatakan latte bisa menjadi sumber tambahan gula yang mengejutkan. Beberapa minuman ini bahkan bisa memberikan lebih banyak gula daripada sekaleng soda. Minuman ini punya gula dalam jumlah tinggi. Gula itu tidak hanya dapat menambah kalori ekstra, tetapi juga dapat berdampak negatif pada fungsi kekebalan tubuh.

4. Jus buah dengan gula berlebihan

Jus buah adalah penyebab lain dari gula berlebihan bisa menjadi sangat bermasalah. Sebab, minuman seperti soda, jus, teh manis atau minuman energi telah dikaitkan memberikan dampak negatif pada kesehatan kardiometabolik, risiko diabetes, berat badan, dan obesitas, dan bahkan risiko kanker.

5. Cocktail

Cocktail (Foto: cottonbro)
Cocktail (Foto: cottonbro)

Masalah ini berlaku dua kali lipat untuk cocktail, yang mengandung jus buah manis atau soda selain minuman keras. Hal ini satu-dua pukulan dan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh.

Rekomendasi