Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Ternyata Sangat Luar Biasa

| 10 May 2023 07:27
Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Ternyata Sangat Luar Biasa
Manfaat buah bit untuk kesehatan (unsplash)

ERA.id - Buah bit, juga dikenal sebagai buah bit merah, adalah buah yang terkenal karena warna merah yang khas dan manfaat kesehatannya yang luar biasa. Menariknya, terdapat banyak manfaat buah bit untuk kesehatan, apa saja?

Buah ini mengandung berbagai zat dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dilansir dari laman AI Care, buah bit mengandung 87% air, karbohidrat sebesar 8% dan serat sebanyak 2-3%.

Dalam sekitar 300 gram bit yang belum diolah mengandung nutrisi sebagai berikut:

●        43 kalori

●        Protein 1,6 gram

●        Gula 6,8 gram

●        Serat 2,8 gram

●        Lemak 0,2 gram

Buah bit mengandung nitrat (unsplash)

Selain itu, buah bit juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti asam folat (vitamin B9), mangan, kalium, zat besi, dan vitamin C. Buah bit juga mengandung betalain, pigmen merah keunguan yang memberi warna pada buah bit.

Betanin diyakini memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan bermanfaat mengurangi kolesterol pada tubuh.

Beberapa Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan jantung

Buah bit mengandung senyawa yang disebut betalain, yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat. Senyawa ini membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan mengurangi peradangan.

Selain itu, buah bit juga mengandung serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang juga berkontribusi pada kesehatan jantung yang baik.

  1. Meningkatkan kinerja otak

Buah bit mengandung nitrat, senyawa yang dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi buah bit dapat meningkatkan kinerja pada tes kognitif dan memori.

  1. Menurunkan risiko kanker

Buah bit mengandung senyawa yang disebut betasianin, yang merupakan senyawa antioksidan yang kuat dan telah terbukti melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Senyawa ini juga memiliki efek anti-kanker dan dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah bit kaya akan serat, yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mempercepat waktu pengosongan lambung dan meningkatkan motilitas usus. Serat juga membantu mencegah sembelit dan mengurangi risiko terkena penyakit pencernaan seperti kanker usus besar.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah bit mengandung vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga diperlukan untuk produksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat.

Namun perlu diketahui, buah bit meskipun banyak manfaatnya juga tergolong sebagai makanan yang tidak boleh dipanaskan karena dapat mengganggu kesehatan,

Selain manfaat buah bit untuk kesehatan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi