Cokelat Telur Kinder Ditarik dari Amerika Serikat dan Eropa Usai Timbul Kekhawatiran Wabah Salmonella

| 08 Apr 2022 20:25
Cokelat Telur Kinder Ditarik dari Amerika Serikat dan Eropa Usai Timbul Kekhawatiran Wabah Salmonella
Kinder Joy (instagramkindereggsunwrapping)

ERA.id - Perusahaan makanan Italia Ferrero memutuskan untuk menarik produk coklat Kinder di Amerika Serikat dan beberapa wilayah Eropa. Penarikan ini lantaran kekhawatiran akan wabah salmonella.

Penarikan produk cokelat Kinder ini berlaku untuk produk yang diproduksi di Belgia, di mana wabah salmonella terdeteksi. Produk-produk itu antara lain Kinder Eggs, Kinder Surprise, Kinder Mini Eggs, Kinder Surprise Maxi 100g, dan Kinder Schoko-Bons.

"Kami sangat menyesali masalah ini dan ingin berterima kasih kepada pihak berwenang atas kolaborasi dan rekomendasi yang berkelanjutan," kata Ferrero, dikutip NPR, Jumat (8/4/2022).

Selain ditarik dari pasar Amerika Serikat dan Eropa, cokelat Kinder juga ditarik di beberapa bagian Asia termasuk Hong Kong dan Singapura. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengatakan pihaknya mengetahui kabar penarikan tersebut.

"Kami sedang menganalisis data pengiriman untuk menentukan apakah produk yang terkena dampak diimpor ke Amerika Serikat," kata juru bicara FDA.

Ferrero mengatakan dapat melacak asal mula wabah salmonella ke filter di pabrik perusahaan di Arlon, Belgia. Filter, di outlet dua tangki bahan baku, kini telah dilepas. Ferrero mengatakan keberadaan salmonella terdeteksi pada 15 Desember.

Badan Standar Makanan Inggris (FSA) telah menyarankan orang untuk tidak makan 20g atau tiga bungkus cokelat telur dengan tanggal terbaik antara 11 Juli dan 7 Oktober 2022.

"Ferrero bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS dalam laporan kasus Salmonella di Eropa," ungkap Ferrero.

Ferrero yang membuat cokelat Kinder mengatakan bahwa mereka berinisiatif untuk menarik produknya dari pasaran demi mencegah wabas salmonella kian meluas. Pihaknya secara sukarela memperpanjang penarikan untuk produk-produk tersebut di Inggris dan Irlandia dengan tanggal sebelum terbaik antara 20 April 2022 dan 21 Agustus 2022.

Pembuat cokelat itu mengatakan tidak ada produk Kinder yang dirilis untuk dijual yang terbukti positif salmonella, tetapi pihaknya menganggap masalah ini sangat serius. Perusahaan menyadari bahwa liburan Paskah akan segera tiba, yang menandakan adanya lonjakan penjualan Kinder cokelat.

Keputusan penarikan ini terjadi setelah lebih dari 60 orang di Inggris, sebagian besar anak-anak terinfeksi salmonella. Hal ini berkaitan erat dengan produk Kinder Surpirse yang menjadi salah satu makanan favorit anak-anak.

Pada hari Senin, FSA mengatakan tidak ada kematian yang dilaporkan di Inggris tetapi sebagian besar kasus melibatkan anak-anak berusia lima tahun ke bawah.

Investigasi sejauh ini telah dipimpin oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris, Kesehatan Masyarakat Skotlandia, Kesehatan Masyarakat Wales dan Badan Kesehatan Masyarakat Irlandia Utara.

Badan kesehatan Eropa mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya juga sedang menyelidiki lusinan kasus yang diduga salmonella terkait dengan makan cokelat di setidaknya sembilan negara termasuk Inggris, Jerman, Prancis, dan Belgia.

Sementara itu, bakteri salmonella dapat menyebabkan infeksi serius dan parah, terutama pada anak-anak atau orang tua dan orang lain dengan sistem kekebalan yang lemah.

Rekomendasi