Perjalanan Rima Melati Melawan Kanker Payudara, Alami Dekubitus, hingga Tutup Usia

Tim Editor

Aktris senior Rima Melati (Dok: Istimewa)

ERA.id - Rima Melati meninggal dunia pada Kamis (23/6/2022). Aktris senior dengan nama aslli Marjolien Tambajong itu diketahui sempat berjuang melawan kanker payudara pada tahu 90-an dan berhasil sembuh.

Kabar mengenai kondisi kesehatan Rima Melati yang menurun itu diungkapkan oleh kerabat dekatnya, Widyawati, beberapa waktu lalu. Widyawati mengatakan bahwa Rima Melati sempat mengalami dekubitus sehingga kondisi kesehatannya terus menurun.

"Kondisinya memang drop, di mana fisiknya lebih kurus dari sebelumnya," kata Widyawati, dikutip YouTube Starpro, Kamis (23/6/2022).

"Karena dekubitus jadi luka di belakang yang biasanya kita kalau terlalu lama tidur itu yang membuat (drop) akhirnya itu jadi kemana-mana," tambahnya.


Dekubitus sendiri merupakan cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat tekanan yang berkepanjangan pada kulit. Biasanya kondisi ini menyerang tumit, pergelangan kaki, pinggul, dan tulang ekor. Luka yang timbul akibat terlalu lama berbaring itu pun bisa sulit diobati.

Saat berjuang melawan kanker payudara Rima Melati berjuang melewati berbagai pengobatan, termasuk kemoterapi.

"Beliau dulu pernah kena kanker loh dulu, stadium 4 kalau nggak salah. Tapi karena dia sangat percaya diri, penuh semangat, sembuh," ucap Anwar Fuadi.

Namun sejak suaminya, Frans Tumbuan meninggal dunia pada 2015, kondisi kesehatan Rima Melati semakin menurun. Dari unggahan putranya, Aditya

Tumbuan, Rima Melati sempat dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU). Rima Melati pun menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis, 23 Juni 2022 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat dalam usia 84 tahun.

Tag: rima melati rima melati meninggal dunia rima melati kanker

Bagikan: