8 Artis Indonesia Penyintas Kanker Payudara, Ternyata Tidak Hanya Wanita

| 02 Feb 2023 16:25
8 Artis Indonesia Penyintas Kanker Payudara, Ternyata Tidak Hanya Wanita
Artis indonesia penyintas kanker payudara (Instagram Nunung)

ERA.id - - Terdapat beberapa artis indonesia penyintas kanker payudara yang berjuang untuk sembuh. Penyintas kanker payudara adalah mereka yang telah mengalami dan mengatasi kanker payudara.

Penyintas kanker payudara seringkali menjalani perawatan seperti operasi, radioterapi, dan/atau kemoterapi. Setelah perawatan, penyintas kanker payudara mungkin masih harus melalui perawatan pemeliharaan seperti terapi hormon atau pengobatan lanjutan.

Menjadi penyintas kanker payudara dapat menjadi pengalaman yang sangat menantang bagi seseorang, baik secara fisik maupun mental.

Oleh karena itu, banyak penyintas kanker payudara yang mencari dukungan dari kelompok-kelompok pendukung, terapis, atau profesional kesehatan untuk membantu mereka mengatasi efek fisik dan emosional dari kanker.

Artis Indonesia Penyintas Kanker Payudara

  1. Pevita Pearce

    Pevita Pearce (Era.ID/Yesica Sitinjak)

Siapa sangka artis cantik Pevita Pearce pernah mengidap kanker payudara. Namun tumor jinak yang berada di dalam tubuh Pevita tersebut dengan cepat terdeteksi pada tahun 2013 lalu.

Setelah Pevita menjalani berbagai proses perawatan yang intensif, ia kemudian untuk mengangkat tumor tersebut. Keputusan itupun berbuah manis, kini Pevita Pearce dinyatakan sembuh total.

  1. Rima Melati

Rima Melati yang meninggal dunia pada Kamis 23 Juni 2022 lalu diketahui pernah melawan kanker payudara pada tahun 90-an dan berhasil sembuh. Namun akibat kematian Rima Melati adalah dekubitus sehingga kondisi kesehatannya terus menurun.

Dekubitus sendiri merupakan cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat tekanan yang berkepanjangan pada kulit. Biasanya kondisi ini menyerang tumit, pergelangan kaki, pinggul, dan tulang ekor. Luka yang timbul akibat terlalu lama berbaring itu pun bisa sulit diobati.

  1. Andien Aisyah

Penyanyi Indonesia Andien Aisyah juga satu dari sekian orang yang berhasil menjadi penyintas kanker payudara. Diketahui, penyakit itu dideritanya saat masih duduk di bangku SMA.

Ketika tahu ada benjolan di area payudara sebelah kirinya, Andien pun terpaksa harus melakukan pengangkatan tumor. Sejak dinyatakan sembuh, Andien mulai menjaga pola hidup sehat hingga sekarang.

  1. Robby Purba

Meskipun kanker payudara memang lebih sering menyerang wanita, namun bukan tidak mungkin pria akan mengalaminya. Sebagai contoh adalah pembawa acara asal Bandar Lampung, Robby Purba.

Robby yang dikenal sebagai presenter X Factor tersebut mengaku mengetahui penyakitnya setelah mengalami rasa sakit di dada. Gejala tersebut dirasakan selama 9 bulan dan dokter pun sempat mengira bahwa ia mengidap sakit jantung.

Setelah menjalani pengangkatan tumor, Roby pun dinyatakan sembuh dari kanker payudara yang dideritanya.

  1. Marshanda

    Marshanda (Instagram/marshanda99)

Beberapa waktu lalu Marshanda membagikan kabar jika dirinya divonis menderita penyakit tumor payudara. Kabar tersebut bagikan melalui kanal YouTube pribadi Marshanda.

Marshanda melalui pengakuannya menjelaskan jika dirinya telah mengidap kanker payudara selama tahun lalu. Kemudian mantan istri Ben Kasyafani tersebut menjalani pengobatan di Singapura.

  1. Kesha Ratuliu

Pada tahun 2020 lalu, Kesha Ratuliu ternyata mengidap tumor payudara. Keponakan artis Mona Ratuliu tersebut langsung sedang menjalani pengobatan untuk penyakitnya dan sembuh, bahkan kini sudah menikah dan dikaruniai seorang putra.

  1. Baby Margaretha

Lalu ada model cantik Baby Margaretha yang menjadi penyintas tumor payudara. Namun kondisi yang dialaminya belum parah karena rajin melakukan periksa payudara sendiri sebagai deteksi dini kanker.

Diketahui, pada saat kelas 3 SMA Baby menemukan benjolan di payudara kanannya dan cepat-cepat pergi ke dokter untuk melakukan pengobatan hingga berhasil menghilangkan tumornya.

  1. Nunung

Terbaru adalah Nunung Srimulat yang mengungkap bahwa dirinya didiagnosa mengidap kanker payudara. Hal ini disampaikan Nunung saat berbincang dengan Ruben Onsu di YouTube MOP Channel.

Munculnya kanker payudara ini membuat Nunung merasa stres dan sedih. Komedian berusia 59 tahun itu sampai menangis setiap hari usai mengetahui mengidap kanker payudara.

"Saya sedih, tapi saya nggak boleh marah. Saya cuma 'ya Allah ujian apalagi yang harus saya jalani?'. Tapi saya percaya salah Allah memberikan yang terbaik buat saya," ujar Nunung.

Kondisinya ini membuat Nunung harus mengeluarkan banyak biaya untuk pengobatan. Hal ini membuat Nunung harus memulangkan anak dan cucunya ke Solo dan meminta mereka berusaha untuk mencari nafkah sendiri.

Selain artis indonesia penyintas kanker payudara, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi