Transplantasi Rambut di Turki Seperti Kevin Aprilio Kian Diminati, Begini Proses dan Biayanya

| 23 Jul 2022 09:25
Transplantasi Rambut di Turki Seperti Kevin Aprilio Kian Diminati, Begini Proses dan Biayanya
Kevin Aprilio pernah melakukan transplantasi rambut (Instagram/kevinaprilio)

ERA.id - Semenjak Kevin Aprilio melakukannya, transplantasi rambut ke Turki kini tengah menjadi tren dan banyak diminati. Hal ini disampaikan oleh Hasni Hutagalung, Kepala Kantor Acibadem Jakarta, salah satu layanan kesehatan asal Turki.

"Mengenai hair transplant, lagi ngetren ya hair transplant. Turki belakangan ini semenjak Kevin Aprilio (melakukan hair transplant), banyak yang ke Turki juga untuk melakukan itu," ujar Hasni, saat konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (22/7/2022).

Hasni juga menjelaskan mengenai proses dari transplantasi rambut. Ia menyebut bahwa transplantasi rambut biasanya dilakukan memakan waktu sekitar empat jam, dengan penanaman diambil dari rambut pasien sendiri. Setelah melakukan transplantasi, pasien nantinya harus kembali menjalani pemeriksaan untuk memastikan rambut yang ditanam tumbuh dengan baik atau tidak.

"Hair transplant itu kelihatannya menyeramkan ya, tetapi itu hanya proses saja. Prosesnya itu membutuhkan waktu empat jam untuk menanamkan rambutnya itu," kata Hasni.

"Itu (rambut yang dicangkok) diambil dari rambut pasiennya sendiri. Kemudian akan diperiksa sama dokter, misalnya bagian botaknya itu di depan, maka rambut yang dari belakang diambil dan ditanamkan ke yang depan. Pasien enam bulan (setelah treatment) harus datang lagi untuk melihat sejauh apa rambutnya tumbuh" jelasnya.

Lebih lanjut, Hasni pun membeberkan kisaran biaya yang harus dilakukan untuk melakukan transplantasi rambut di Turki. Ia menuturkan bahwa harga berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan pasien itu sendiri.

"Untuk biayanya itu bervariasi, antara 1.800 dolar sampai 3.000 dolar atau sekitar Rp27 juta sampai Rp45 juta," ungkap Hasni Hutagalung.

Rekomendasi