Intip Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II yang Berlangsung Selama 10 Hari

| 09 Sep 2022 14:02
Intip Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II yang Berlangsung Selama 10 Hari
Ratu Elizabeth II (Twitter)

ERA.id - Meninggalnya Ratu Elizabeth II membuat duka bagi keluarga, penggemar, dan pengagumnya. Menariknya prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung lama dan lumayan rumit.

Ratu Elizabeth II semasa hidupnya (The Royal Family)

Di Inggris, kematian Sang ratu pada usia 96 tersebut dijuluki oleh pemerintah sebagai "Operation London Bridge". Prosesi tersebut mulai dari aturan suksesi hingga proses membawa peti mati ratu dari Kastil Balmoral di Skotlandia ke London.

Rencana operasi tersebut ternyata sudah bocor beberapa saat yang lalu. Meskipun demikian, berdasarkan dokumen yang tersebar akan ada prosesi 10 hari pertama. Berikut rangkumannya dilansir dari National Public Radio.

10 Hari Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

  1. Hari Kematian

Keluarga kerajaan akan memberitahu publik tentang kematian ratu. Pangeran Charles segera naik tahta setelah kematian ibunya. Dia akan dikenal sebagai Raja Charles III. Istrinya, Camilla, menjadi permaisuri. Pasangan itu menginap di Balmoral semalaman.

Pangeran Charles akan naik tahta (Wikipedia)

Bendera setengah tiang berkibar di seluruh pemerintahan Inggris. Charles mengeluarkan pernyataan singkat, begitu pula Perdana Menteri Inggris Liz Truss.

Banyak peringatan direncanakan dari saat-saat hening hingga penghormatan senjata militer dan peringatan untuk menghormati Elizabeth.

  1. Hari Pertama

Charles kembali ke London. Dewan Aksesi - pertemuan yang secara tradisional diadakan di Istana St. James - akan bertemu. Biasanya dalam waktu 24 jam setelah kematian seorang raja akan ada aksesi raja baru ke takhta.

Parlemen membingkai pesan belasungkawa dan menangguhkan bisnis normalnya sampai setelah pemakaman Elizabeth.

  1. Minggu Pertama

Jenazah Elizabeth II dibawa dari Skotlandia ke Istana Buckingham di London. Prosesi upacara membawa peti mati ratu ke Westminster. Jasad Elizabeth II akan berbaring di negara bagian di Westminster Hall selama tiga hari, di mana publik dapat mengunjungi selama 23 jam setiap hari.

Kemudian saat itu juga persiapan pemakaman terakhir sedang dilakukan di London. Sementara itu, Charles melakukan perjalanan ke Skotlandia, Irlandia Utara dan Wales, mengunjungi para pemimpin di Inggris.

  1. Hari 10 Kematian

Sebuah upacara pemakaman kenegaraan diadakan di Westminster Abbey, yang mengakibatkan aksi mengheningkan cipta selama dua menit di Inggris.

Setelah kebaktian terakhir di Kapel St. George di Kastil Windsor, sang ratu dimakamkan di halaman kastil di sebelah suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal pada April 2021.

Selain prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi