Ibu Kota Negara Apa yang Terletak Paling Selatan di Dunia?

| 03 Oct 2022 23:02
Ibu Kota Negara Apa yang Terletak Paling Selatan di Dunia?
Wellington New Zealand (Unsplash)

ERA.id - Mungkin sebagian dari Anda akan bertanya-tanya negara apa yang terletak paling selatan di dunia. Padahal terdapat lima belas ibu kota negara yang terletak di antara garis lintang -20 hingga -41 selatan khatulistiwa.

Dilansir dari Worldatlas, Wellington adalah ibu kota Selandia Baru yang menjadi paling jauh di selatan. Kota tersebut terletah di utara Lingkaran Antartika dan mengalami sebagian besar titik balik matahari Musim Panas dan Musim Dingin pada bulan Desember dan Juni.

Kota di Negara Apa yang Terletak Paling Selatan?

  1. Wellington, Selandia Baru

Wellington adalah kota terbesar kedua di Selandia Baru yang terletak di antara Pegunungan Rimutaka dan Selat Cook hingga berbatasan dengan Pulau Utara. Kota ini meliputi Wairarapa dan Pantai Kapiti.

Wellington adalah kota paling berangin di dunia, sehingga mendapat julukan “Windy Wellington.” Pada pertengahan tahun 1800-an, Wellington ditandai sebagai pemukiman bagi imigran Inggris yang kemudian dinamai Duke of Wellington, Arthur Wellesley.

Perlu diketahui, Wellington menjadi ibu kota Selandia Baru pada tahun 1865 dan tumbuh menjadi ibu kota budaya. Selain fasilitas pemerintah, Wellington memiliki Perpustakaan Nasional, Arsip Nasional, Museum Selandia Baru Te Papa Tongarewa, dan institusi besar Selandia Baru lainnya.

Terlepas dari lokasinya, Wellington muncul sebagai salah satu kota paling layak huni di dunia pada tahun 2014 karena budaya dan layanan perkotaannya. Selain itu, sektor infrastruktur dan teknologi kota juga dinilai tinggi secara global.

Daerah perkotaan Wellington mencakup 171 mil persegi dengan 412.500 penduduk.  Kemudian wilayah metro mencakup 536 mil persegi dengan 416.700 penduduk, sedangkan ketinggian tertinggi dan terendah masing-masing 1.624 kaki dan 0 kaki.

  1. Canberra, Australia

Canberra memiliki populasi 403.468 orang dan merupakan ibu kota Australia. Menariknya, Canberra adalah kota pedalaman terbesar, dan menjadi kota terbesar nomor kedelapan.

Canberra, Australia (Unsplash)

Kota Canberra terletak pada koordinat 35°18'27' LS dan 149 °07'9' BT, 170 mil di barat daya Sydney, dan 410 mil di timur laut Melbourne. Canberra menjadi ibu kota pada tahun 1908.

Setelah Canberra menjadi ibu kota, arsitek Amerika Walter Burley Griffin dan Marion Mahony Griffin pada tahun 1913 merancang kota dan konstruksi. Kota ini memiliki ketinggian rata-rata 1.893 kaki dengan luas total 314,4 mil persegi.

Kota ini juga memiliki beberapa bentang alam alam seperti Brindabella Ranges yang panjangnya 93 mil, Gunung Majura yang merupakan titik tertinggi pada ketinggian 2.913 kaki, dan bukit-bukit lainnya seperti Gunung Taylor, Gunung Ainslie, Gunung Mugga Mugga, dan Gunung Hitam.

  1. Cape Town, Afrika Selatan

Terletak pada koordinat 33°55'31' LS, dan 18°25'26' BT, Cape Town adalah ibu kota Afrika Selatan dengan luas 154,55 mil persegi. Cape Town adalah kota terbesar kedua setelah Johannesburg sekaligus menjadi kota primata provinsi Western Cape.

Cape Town Afrika Selatan (unsplash)

Pada tahun 2014, International Council of Societies of Industrial Design menobatkan kota ini sebagai Ibukota Desain Dunia, selain sebagai salah satu kota paling multikultural secara global.

Dijuluki "Mother City" dan "Tavern of the Seas", kota ini berdiri sejak tahun 1652. Lebih dari 67% penduduk Cape Town dapat berbicara bahasa Inggris, dengan bahasa lainnya Afrikaans dan Xhosa.

Sekitar empat mil dari Cape Town terdapat Pulau Robben di mana mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela menjalani hukuman penjara yang lama.

  1. Ibukota Paling Selatan di Dunia Lainnya

Terdapat lima benua (baik seluruhnya atau sebagian) menempati belahan bumi bagian selatan. Benua-benua tersebut adalah Australia, Antartika, dan lebih dari 90% Amerika Selatan, sepertiga Afrika bagian selatan, serta beberapa wilayah pulau di Asia.

Terdapat beberapa ibu kota lain yang tersebar di benua-benua yang berada di bagian paling selatan belahan bumi selatan. Terdaftar dari paling selatan, kota-kota ini adalah Montevideo, Uruguay pada garis lintang -34.88; Buenos Aires, Argentina di -34,6; dan Santiago, Chili di -29.3.

Selain negara apa yang terletak paling selatan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi