Mengenal Lebih Jauh Karakteristik Benua Australia, Benua Terkecil di Dunia

| 03 Oct 2022 22:00
Mengenal Lebih Jauh Karakteristik Benua Australia, Benua Terkecil di Dunia
Ilustrasi karakteristik Benua Australia (unsplash)

ERA.id - Australia merupakan benua terkecil di dunia yang letaknya tidak jauh dari Indonesia. Namun saat membicarakan Australia, masyakat umumnya hanya tahu soal suku asli dan hewan khasnya. Untuk lebih mengenal negara sekaligus benua ini, simak penjelasan mengenai karakter Benua Australia berikut ini.

Berdasarkan fakta sejarah, penghuni asli Australia adalah suku Aborigin. Setelah bangsa Eropa melakukan eksplorasi dan ekspansi, Australia menjadi salah satu tanah jajahan Inggris. Negara yang terkenal dengan kangurunya itu akhirnya menjadi salah satu negara persemakmuran Inggris. Lebih jauh soal Australia, simak uraian berikut yang dikutip Era dari ilmugeografi.com.

Mengenal Karakterirstik Benua Australia

Setelah Inggris menaklukkan Australia, daratan luas tersebut menjadi “tanah pembuangan” bagi para narapidana yang meresahkan warga Inggris dan para pembangkang Kerajaan Inggris. Lambat laun, Australia menjadi tempat tinggal bagi orang-orang Eropa, selain suku aslinya.

1.    Astronomis-Geografis

Ilustrasi pantai di Australia (unsplash)

Benua Australia terletak di 10° LS-44°LS dan 113° BT-154° BT. Berdasarkan letak astronomisnya, Australia ada di Bumi belahan selatan. Sebagian besar perbatasannya dikelilingi samudera dan lautan.

Lebih rinci, berikut adalah perbatasan Benua Australia. Di utara, benua ini berbatasan dengan perairan Indonesia, tepatnya Laut Arafuru dan Laut Timor. Di selatan, Australia berbatasan dengan Samudera Hindia dan Antartika. Di bagian barat berbatasan dengan Samudera Hindia, sedangkan di timur berbatasan dengan Laut Coral, Laut Tasmania, dan Samudera Pasifik.

2.    Topografis

Luas daerah Australia sekitar 7.682.300 km2. Berdasarkan klasifikasi ahli, Australia dibadi menjadi tiga bagian, yaitu bagian barat, bagian tengah, dan bagian timur dan tenggara.

Ilustrasi plato di Australia (unsplash)

Australia bagian barat merupakan daerah dengan dataran tinggi atau plato yang tanahnya agak kasar. Di wilayah ini ada batu karang terbesar di dunia, yaitu Ayers Rock (Uluru), dengan lebar sekitar 1,6 km, panjang sekitar 2,4 km, dan tinggi 225 m. Di bagian timur merupakan daerah dengan sifat kering dan tandus. Di kawasan ini ada banyak gurun, yaitu Gurun Gibson, Gurun Pasir Besar Australia, dan Gurun Victoria.

Bagian tengah Australia merupakan dataran rendah, yaitu Dataran Rendah Murray Darling. Australia bagian tengah menjadi wilayah yang sangat subur sebab ada banyak sungai dan danau. Beberapa sungai tersebut adalah Sungai Darling dan Sungai Murray. Sementara, danau terluas di Australia adalah Danau Eyre.

3.    Iklim

Iklim di Benua Australia terbagi menjadi dua, yaitu iklim matahari dan fisis. Iklim matahari disebabkan oleh letak astronomisnya yang sebagian dekat dengan ekuator, sedangkan bagian yang lain jauh dari garis ekuator. Iklim matahari terbagi menjadi tiga, yaitu iklim tropis, iklim subtropis, dan iklim sedang.

Iklim fisis adalah iklim berdasarkan pada bentang alam dan topografinya. Iklim fisis Benua Australia terbagi menjadi tiga tipe yaitu, iklim muson, iklim gurun, dan iklim laut.

4.    Populasi

Berdasarkan data kependudukan tahun 2003, jumlah penduduk Australia adalah 19,9 juta dengan pertumbuhan penduduk sekitar 0,6 persen per tahun. Suku asli benua ini adalah Aborigin (ras Melanisia dan Polinesia), namun, ada banyak suku bangsa lain yang tinggi di negara ini, terutama ras kulit putih (suku bangsa Eropa). Selain itu, ada pula ras kulit kuning (suku bangsa Asia) yang tinggal di negara ini.

5.    Sektor Industri

Cukup banyak sektor industri yang ada di Benua Australia. Sektor-sektor tersebut antara lain pertanian (gandum, tebu, padi, kapas, buah-buahan, dan jagung), peternakan (sapi perah, sapi pedaging, dan biri-biri), pertambangan (emas, bijih besi, batu bara, minyak bumi, dan alumunium), industri berat (wol, susu, gula, mesin, tekstil, elektronika, pertanian, besi dan baja, serta penyulingan minyak).

Itulah penjelasan mengenai karakteristik Benua Australia yang bisa menambah wawasan Anda. Sebagai negara persemakmuran Inggris, tanah kelahiran suku Aborigin ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional. 

Rekomendasi