Beberapa Jenis Burung Terkecil di Dunia, Anda Suka yang Mana?

| 08 Jan 2023 09:31
Beberapa Jenis Burung Terkecil di Dunia, Anda Suka yang Mana?
Ilustrasi Burung Terkecil di Dunia (Foto: Pinterest.com)

ERA.idBurung merupakan salah satu hewan di dunia yang hidupnya berdampingan dengan manusia pada saat ini dan diperkirakan sudah hidup sejak ratusan juta tahun yang lalu. Ada banyak jenis ukuran burung, mulai yang berbentuk kecil hingga yang besarnya dapat melebihi ukuran manusia dewasa. Namun, pernahkah Anda membayangkan burung terkecil di dunia, tapi dengan wujud yang unik dan indah, dan juga warna dan corak yang cantik?

Di bawah ini adalah beberapa jenis burung dengan ukuran terkecil di dunia, yang mungil dan juga sangat menggemaskan.

Goldcrest

Ilustrasi Burung Goldcrest (Foto: Plugon.us)

Burung jenis ini merupakan burung asli endemik dari Dataran Eropa, yang berukuran kecil. Burung ini memiliki panjang tubuh 8.5-9.5 cm, dengan berat 4.5 hingga 7 gram. Habitat asli dari burung ini berada di Eropa Utara dan akan bermigrasi ke Selatan saat musim panas, adapun saat musim panas, jenis burung ini berpindah ke Utara. Makanan burung ini adalah berbagai serangga dan arthropoda kecil.

Cuban Tody

Ilustrasi Burung Cuban Tody (Foto: Pinterest.com)

Cuban Tody adalah burung asli yang habitatnya berasal dari Negara Kuba, yang berukuran panjang 11 cm dengan berat 5 hingga 6 gram. Burung yang termasuk dalam keluarga Todididae ini mempunyai perpaduan warna yang sangat cantik dan perpaduan antara hijau terang, biru, merah dan putih. Makanan utama dari burung Cuban Tody adalah serangga, tapi ia juga bisa makan buah-buahan, laba-laba dan kadal kecil.

Bee Hummingbird

Bee Hummingbird disebut sebagai burung yang memiliki ukuran paling kecil di dunia, dengan ukuran panjang 6 cm dan berat sekitar 1-2 gram. Burung kecil ini mempunyai perpaduan warna biru, hitam, dan putih yang begitu cantik. Burung ini adalah satwa endemik dari Kuba dan Pulau Pinus yang berlokasi di Kepulauan Karibia, dan dapat Anda temui di seluruh kepulauan Karibia.

Costa's Hummingbird

Costa's Hummingbird adalah salah satu burung terkecil yang mempunyai ukuran panjang berkisar antara 7-9 cm, dengan berat sekitar 3-4 gram. Habitat asli burung ini ada di antara Wilayah Selatan Amerika Serikat dan Utara Meksiko bagian Baja California. Selain itu, burung yang dihiasi warna cantik, percampuran antara ungu, hijau, putih dan hitam ini akan melakukan migrasi ketika musim panas dan musim dingin dan juga musim kawin.

Weebill

Weebill adalah burung terkecil di Australia, yang mempunyai ukuran panjang 8-9 cm. Burung ini dapat Anda temukan di seluruh wilayah hutan di Australia, baik di selatan ataupun di utara. Burung berwarna hijau pucat dan coklat ini akan bermigrasi pada musim-musim tertentu. Makanan dari jenis burung ini adalah berbagai macam serangga kecil.

Pardalote

Pardalote adalah burung asli endemik dari Australia yang termasuk sebagai burung terkecil. Burung ini hanya berukuran 8.5 hingga 12 cm dengan berat 5 gram. Burung ini mempunyai warna yang cerah dan di beberapa bagian tubuhnya terdapat corak bintik. Selain itu, burung ini tergolong insektivora atau pemakan serangga, meskipun terkadang juga memakan biji-bijian.

Brown Gerygone

Selanjutnya adalah burung asal Australia, yang disebut dengan Brown Gerygone. Burung ini memiliki habitat asli di Pantai Timur Australia. Berukuran panjang 10 cm dan berat hanya 5.5 gram. Selain itu, burung yang memiliki warna percampuran antara hijau dan biru, serta buntut hitam ini tergolong burung pemangsa serangga atau insektivora.

Demikianlah penjelasan tentang burung terkecil di dunia. Bentuk dan jenis mereka unik dan menggemaskan, bukan?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi