Bagaimana Menghadapi Resesi 2023? Berikut 5 Kunci yang Dapat Dilakukan

| 09 Nov 2022 22:02
Bagaimana Menghadapi Resesi 2023? Berikut 5 Kunci yang Dapat Dilakukan
Ilustrasi (Freepik)

ERA.id - Ekonom Bloomberg telah menemukan kemungkinan 100 persen resesi tahun depan di Amerika Serikat. Lantas apakah Indonesia mengalami juga? Bagaimana menghadapi resesi 2023?

Meskipun belum jelas apakah Indonesia akan terkena resesi atau tidak. Itu berarti mungkin sudah waktunya untuk Anda mengambil tindakan guna melindungi keuangan.

Dilansir dari weforum.org, terdapat beberapa langkah kunci untuk membantu Anda mengatasi keuangan Anda menjelang tahun 2023 yang dinilai akan sulit.

  1. Bangun dana darurat

Para ahli menyarankan membangun dana darurat untuk menutupi pengeluaran Anda jika Anda kehilangan pekerjaan. Dana tersebut idealnya akan menutupi biaya tiga sampai enam bulan.

Jeremy Schneider, pendiri Personal Finance Club, sebuah situs web yang menjual kursus pendidikan keuangan tentang penganggaran dan investasi, mengatakan jika Anda tidak memiliki tabungan senilai tiga sampai enam bulan, maka Anda harus menabung lebih banyak..

  1. Pangkas pengeluaran rutin Anda

    Pangkas pengeluaran rutin Anda (Freepik)

Berpikir keras tentang pengeluaran sehari-hari dapat membantu Anda menabung. Latihan seperti itu seringkali membutuhkan sedikit usaha dan akan menghasilkan buah yang paling banyak.

Anda dapat aenggabungkan asuransi mobil dan asuransi rumah Anda bersama-sama, menemukan paket ponsel atau internet yang lebih murah, mengurangi jumlah langganan streaming yang Anda miliki, dan membuat kopi dan makan siang sendiri daripada membelinya.

  1. Kendalikan pengeluaran besar

Memotong biaya seperti langganan streaming dapat menghasilkan penghematan kecil yang bermanfaat, tetapi pengeluaran seperti ini tetap tidak seberapa dibandingkan dengan pengeluaran inti pada keuangan Anda.

Sebagai contoh biaya perawatan mobil biasanya lebih tinggi dari yang seharusnya hingga dapat menjadi sumber utama hutang bagi banyak orang. Jika ada dua kendaraan di rumah Anda, sekarang mungkin saatnya untuk mempertimbangkan untuk menjual salah satunya, Anda dapat membeli sepeda atau skuter, naik transportasi umum, atau berjalan kaki.

Tetap saja, perumahan adalah pengeluaran terbesar bagi kebanyakan orang dan secara serius dapat mengubah ketahanan finansial Anda, sebagaimana dikatakan para ahli. Sebaiknya Anda berpikir tentang menyewakan kamar atau rumah Anda.

  1. Carilah pekerjaan sampingan

    Cari pekerjaan sampingan (Freepik)

Jika Anda punya waktu, mencari pekerjaan tambahan adalah cara tercepat untuk mendatangkan penghasilan tambahan. Anda dapat mencoba menjadi barista, groaming hewan, menjaga anak, menjawab survei online berbayar, hingga berkebun juga dapat membantu mendatangkan uang ekstra pada saat dibutuhkan.

Apalagi kini adalah zaman orang "kelebihan pekerjaan", lantaran kerja jarak jauh yang membuat orang-orang semakin dapat menemukan waktu untuk mengambil pekerjaan tambahan dan pekerjaan sampingan dari rumah.

  1. Temukan sumber penghasilan pasif

Aliran pendapatan pasif adalah kunci emas untuk kemandirian finansial Anda. Akan tetapi passive income membutuhkan cukup banyak dasar untuk menempatkannya pada tempatnya.

Anda dapat menjadi "drop-shipping" yang bertindak sebagai perantara antara pemasok dan pelanggan. Atan menjadi agen pemasaran afiliasi, dan mendapatkan pendapatan iklan dari situs web.

Beberapa contoh di atas adalah beberapa cara Anda dapat membangun aliran pendapatan pasif. Bahkan beberapa orang telah membeli mesin penjual otomatis dan menyewa properti.

Olamide Majekodunmi, pendiri All Things Money, sebuah blog pendidikan keuangan untuk milenium, mengatakan penting untuk tidak memasukkan terlalu banyak biaya di muka ke dalam aliran pendapatan pasif dengan harapan mereka akan membuahkan hasil.

Meskipun demikian, masih butuh banyak usaha untuk sampai ke titik di mana Anda bisa menikmati penghasilan pasif. Atau tertarik menghasilkan uang dengan mengunggah video lama ke media sosial?

Selain bagaimana menghadapi resesi 2023, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi