Lusail Stadium Qatar Akan Digunakan di Final Piala Dunia 2022, Berikut Fakta Menariknya

| 01 Dec 2022 20:21
Lusail Stadium Qatar Akan Digunakan di Final Piala Dunia 2022, Berikut Fakta Menariknya
Lusail Stadium Qatar (Qatar2022.qa)

ERA.id - Lusail Stadium Qatar yang berkapasitas 80.000 akan menjadi saksi final Piala Dunia 2022 tahun ini. Melalui artikel ini akan disajikan beberapa fakta menarik seputar stadion megah tersebut.

Dilansir dari laman resmi Fifa, desain stadion ini terinspirasi oleh interaksi cahaya dan bayangan yang menjadi ciri khas lentera 'fanar'.

Selain itu, bentuk dan fasad Lusail menggemakan motif dekoratif yang rumit pada mangkuk dan bejana yang menjadi ciri khas zaman keemasan seni di dunia Arab dan Islam. Kapasitas Stadion Piala Dunia FIFA 2022 ini menurut Fifa adalah 88.966.

Lusail adalah stadion terbesar Qatar dan menjadi tuan rumah pertandingan di setiap tahapan Piala Dunia tahun ini, termasuk final pada 18 Desember, yang juga merupakan Hari Nasional Qatar.

Stadion ini akan menjadi pusat kota dari Lusail – sebuah kota metropolitan yang baru dibangun dan canggih dan yang dirancang khusus dengan mempertimbangkan kebutuhan penghuninya.

Stadion ini menulis halaman baru dalam kisah Qatar, selain itu juga sambil berkontribusi untuk memberikan penghormatan kepada kekayaan sejarah negara dan wilayah tersebut.

Fakta Menarik Lusail Stadium Qatar

  1. Akses Mudah

Stadion ini dapat diakses oleh Doha Metro Red Line dan Al Khor Expressway. Selain itu, terdapat sejumlah fasilitas park and ride di dekat stadion. Setelah  tahun 2022, pengunjung dapat mencapai fasilitas tersebut dengan menggunakan Lusail Light Rail Tram.

  1. Menggunakan Teknologi Hemat Air

Praktik bangunan berkelanjutan telah digunakan selama konstruksi di Lusail Stadium. Air daur ulang akan digunakan untuk mengairi tanaman di sekitar stadion. Selain itu juga ada perlengkapan hemat air dan sistem deteksi kebocoran yang beroperasi.

Perlu diketahui konstruksi stadion menghemat 40% lebih banyak air segar daripada pembangunan stadion konvensional.

  1. Memiliki Atap Stadion Canggih

    Atap Canggih Lusail Stadium Qatar (Qatar2022.qa)

Atap arena telah dirancang dengan mempertimbangkan keberlanjutan. Bahan canggih yang disebut adalah Polytetrafluoroethylene (PTFE) yang dapat melindungi stadion dari angin hangat, mencegah debu, dan memungkinkan cahaya yang cukup untuk lapangan.

Selain itu, teknologi atap juga dapat memberikan keteduhan untuk mengurangi beban AC stadion. Perlu diketahui, Stadion Lusail telah menerima peringkat bintang 5 dari Sistem Penilaian Keberlanjutan Global.

  1. Cocok untuk final

Lusail akan menjadi tuan rumah sepuluh pertandingan selama Piala Dunia yang membuatnya digunakan lebih banyak dari stadion di Qatar lainnya. Selain enam pertandingan penyisihan grup, stadion akan menjadi tuan rumah kontes sistem gugur di babak 16 besar, perempat final, semi final dan final.

  1. Pusat Kota

Kawasan di Stadion juga telah diatur untuk menampilkan sejumlah fasilitas sipil, termasuk perumahan, toko, gerai makanan dan minuman, klinik kesehatan, dan sekolah. Setelah Piala Dunia, tingkat modular akan diatur untuk digunakan kembali, dengan kursi disumbangkan ke komunitas yang tidak memiliki infrastruktur olahraga.

  1. Punya Arsitektur Modern

    Arsitektur Unik Lusail Stadium Qatar (Qatar2022.qa)

Sangat futuristik adalah kesan dari desain Lusail yang terinspirasi oleh interaksi cahaya dan bayangan yang menjadi ciri khas lentera fanar. Selain itu, bentuk dan fasad stadion menggemakan motif dekoratif yang rumit pada mangkuk dan wadah lain yang menjadi ciri khas zaman keemasan seni dan keahlian di dunia Arab dan Islam.

Selain Lusail Stadium Qatar, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi