Stadion Piala Dunia Qatar 2022 Hadir dengan Teknologi Canggih dan Fasilitas Terbaik

| 18 Nov 2022 20:25
Stadion Piala Dunia Qatar 2022 Hadir dengan Teknologi Canggih dan Fasilitas Terbaik
Stadion Al Bayt (YouTube)

ERA.id - Piala Dunia merupakan kompetisi sepak bola yang dinantikan masyarakat dunia. Kualitas permainan adalah utama, tetapi hal tersebut kurang maksimal jika kualitas stadion tidak mendukung. Lalu, bagaimana dengan stadion Piala Dunia Qatar 2022?

Tentu saja, stadion yang digunakan untuk gelaran akbar tersebut bertaraf internasional. Namun, mungkin Anda belum terlalu tahu mengenai profil dari masing-masing stadion.

Qatar telah menyiapkan delapan stadion untuk Piala Dunia 2022. Semuanya tersebar di lima kota besar, yaitu Lusail, Al Khor, Doha, Al Rayyan, dan Al Wakrah. Kota Al Khor menjadi lokasi pembukaan Piala Dunia 2022 dan laga perdana, sedangkan final dan penutupan adakan dilaksanakan di Kota Lusail.

Salah satu yang menarik dari stadion Piala Dunia Qatar adalah pengggunaan teknologi yang canggih sebab Qatar memiliki hawa yang panas. Contoh teknologi tersebut adalah atap yang bisa dibuka dan ditutup serta pendingin udara. Untuk lebih mengenal stadion-stadion untuk Piala Dunia 2022, simak uraian berikut, dikutip Era dari CNN Indonesia.

Berkenalan dengan 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022

1. Stadion Al Bayt

Lokasi stadion Al Bayt ada di Kota Al Khor. Seperti telah disebutkan di awal, stadion ini akan menjadi lokasi upacara pembukaan Piala Dunia 2022 sekaligus menggelar laga perdana pada 20 November.

Stadion ini bisa menampung penonton sebanyak 60 ribu orang. Ada beberapa fasilitas mewah di stadion ini, seperti hotel bintang lima dengan pemandangan langsung ke dalam lapangan dan atap yang bisa dibuka dan ditutup. Pembangunan stadion Al Bayt dilakukan pada 2014 dan selesai pada 2021.

2. Lusail Iconic Stadium

Stadion Lusail Iconic (Instagram @qtamilradio)

Lusail Iconic Stadium menjadi stadion dengan kapasitas penonton terbanyak dalam gelaran Piala Dunia 2022. Total penonton yang bisa ditampung di stadion ini mencapai 86 ribu penonton.

Seperti namanya, stadion ini dibandung di Kota Lusail. Pembangunannya dimulai pada 2017 dan selesai pada 2021. Salah satu yang membuat stadion ini menakjubkan adalah adalah pendingin atau AC di dalam arena. Daya yang menghidupkan pendingin tersebut merupakan listrik yang berasal dari tenaga matahari. Stadion ini diklaim tidak meninggalkan jejak karbon atau gas emisi.

Dengan kapasitas penonton yang sangat besar, tak heran jika stadion ini dipilih sebagai lokasi laga final Piala Dunia 2022. Selain itu, Lusail Iconic Stadium akan digunakan untuk melaksanakan enam pertandingan babak penyisihan dan satu pertandingan fase gugur.

3. Stadion Khalifa International

Ini termasuk stadion yang cukup tua. Stadion Khalifa International sudah berdiri sejak 1976. Stadion ini tak hanya bisa digunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola.

Pembangunan Stadion Khalifa International dilakukan dengan konsep multicabang sehingga bisa menjadi arena penyelenggaraan olahraga lain. Berbagai renovasi telah dilakukan terhadap stadion ini, antara lain peningkatan kapasitas penonton, dari 20 ribu menjadi 45 ribu penonton.

4. Stadion 974

Lokasi Stadion 974 ada di Kota Doha. Stadion ini memiliki nama yang unik sebab hal tersebut berkaitan dengan pembangunannya.

Awalnya, stadion berkapasitas 40 ribu orang ini bernama Ras Abu Aboud Stadium. Kemudian, pada November 2021, namanya dibuah menjadi Stadion 974 karena bahan pembangunan stadion.

Dalam pembangunan stadion ini, arsitek menggunakan 974 kontainer bekas yang ukurannya sangat besar—biasanya digunakan untuk bongkar muat di pelabuhan. Tak heran, sebab stadion ini ada di tepi Pantai Ras Abou Aboud.

5. Stadion Al Thumama

Masih di Kota Doha, stadion ini sekilas tampak seperti sebuah donat raksasa berwarna putih. Desain stadion ini terinspirasi dari topi tradisional Qatar bernama taqiyah.

Stadion Al Thumama berkapasitas 40 ribu penonton. Hebatnya, setengah kapasitas kursi bisa dilepas dan akan disumbangkan ke negara yang membutuhkan bantuan. Stadion ini tidak jauh dari Bandara Internasional Hamad.

6. Stadion Education City

Stadion ini berlokasi di Al Rayyan. Alasan penamaan stadion ini adalah lokasi stadion yang dikelilingi sejumlah sekolah. Stadion Education City mampu menampung penonton sebanyak 45 ribu orang.

Sebelumnya, stadion ini hanya berkapasitas 25 ribu penonton. Namun, setelah dipilih sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia, renovasi besar-besaran dilakukan. Salah satu kehebatan dari stadion ini adalah desain ramah lingkungan.

7. Stadion Al Janoub

Lokasi stadion Al Janoub ada di Kota Al Wakrah. Ini termasuk stadion yang mengalami perombakan besar setelah terpilih menjadi salah satu arena pertandingan Piala Dunia 2022.

Perubahan yang paling mudah dilihat adalah bagian eksterior yang disebut terinspirasi dari bentuk gurun pasir di Timur Tengah. Revonasi juga membuat kapasitas penonton meningkat menjadi 40 ribu kursi. Tak berhenti di situ, setelah Piala Dunia 2022 selesai, setengah kapasitas kursi penonton akan dilepad dan disumbangkan ke negara yang membutuhkan.

8. Stadion Ahmad bin Ali

Stadion ini dibangun pada 2004. Lokasi Stadion Ahmad bin Ali ada di Al Rayyan. Beberapa tahun lalu stadion ini dirubuhkan untuk didirikan ulang—untuk kepentingan Piala Dunia 2022.

Renovasi juga membuat stadion ini mengalami peningkatan kapasitas penonton, dari 20 ribu kursi menjadi 40 ribu. Selain itu, stadion ini dibangun ulang dengan desain yang sangat indah.

Bagian eksterior bisa mengeluarkan cahaya warna-warni. Selain itu, bagian eksterior juga bisa menjadi layar raksasa untuk menampilkan cuplikan pertandingan yang digelar di dalam stadion.

Itulah profil 8 stadion Piala Dunia Qatar 2022. Saat ini Anda mungkin tidak bisa datang ke Qatar, tetapi Anda tetap bisa menontonnya melalui layanan yang tersedia. Yang penting, Anda tahu jadwal pertandingan Piala Dunia Qatar 2022.

Rekomendasi