Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun

| 31 Dec 2022 19:21
Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun
Ilustrasi: salah satu sudut Vatikan. (Foto: Simone Savoldi/Unsplash)

ERA.id - Vatikan mengumumkan kabar duka atas meninggal dunianya Paus Emeritus Benediktus XVI pada usia 95 tahun hari ini. Paus Fransiskus sempat meminta doa untuk Paus Benedict yang sempat sakit parah.

Kantor Pers Tahta Suci menyebutkan Benediktus merupakan Paus Jerman pertama dalam 1.000 tahun. Benediktus meninggal dunia di Biara Mater Ecclesiae yang dipilihnya sebagai kediamannya pada 2013.

Jenazahnya akan disemayamkan pada Senin di Basilika Santo Petrus, dikutip dari Vatikan. Fransiskus akan memimpin pemakaman di Lapangan Santo Petrus pada 5 Januari. Upacara akan dimulai pukul 9:30 pagi.

Lebih lanjut, Vatikan tidak menjelaskan soal sakit apa yang dialami Benediktus sakit. Tapi, hanya mengatakan bahwa kesehatan Benedict yang memburuk disebabkan oleh usianya yang sudah lanjut.

Selama hampir 25 tahun, sebagai Kardinal Joseph Ratzinger, Benediktus menjabat sebagai kepala kantor doktrinal Vatikan yang saat itu dikenal sebagai Kongregasi Ajaran Iman (CDF).

Alberto Tonini, seorang sejarawan di Universitas Florence dikutip dari, Al Jazeera bahwa Benediktus lebih berpengaruh sebagai seorang sarjana dan ahli teologi, daripada seorang pemimpin.

"Dia sangat tidak nyaman berbicara di depan banyak orang atau bertindak sebagai pemimpin politik. Dia adalah seorang pemikir, seorang filsuf dan dia mempertahankan aktivitas (keilmuannya) selama delapan tahun kepausannya," kata Tonini.

Rekomendasi