Vietnam Pecah Rekor Suhu Terpanas 44,1 Derajat Celsius, Peneliti: Ini Mengkhawatirkan!

| 07 May 2023 13:19
Vietnam Pecah Rekor Suhu Terpanas 44,1 Derajat Celsius, Peneliti: Ini Mengkhawatirkan!
Pantai Sam Son, Vietnam. (Istimewa)

ERA.id - Vietnam melaporkan rekor suhu tertinggi pada Sabtu sore (6/5/2023) yang mencapai 44,1 derajat Celsius di wilayah utara, kata para pejabat, memecahkan rekor tertinggi sebelumnya pada 2019.

Asia Selatan sedang terik di bawah gelombang panas selama bulan April, dengan negara-negara tetangga juga mencatat rekor suhu tertinggi.

Cuaca Vietnam bervariasi dari utara ke selatan, tetapi seluruh negara kini memasuki bulan-bulan musim panas terpanas.

Rekor suhu 44,1 derajat Celcius diukur Sabtu sore di stasiun dalam ruangan Hoi Xuan di provinsi Thanh Hoa tengah-utara, kata Pusat Peramalan Meteorologi Hidro Nasional seperti dilansir dari AFP.

Angka tersebut memecahkan rekor tertinggi sebelumnya di negara itu sebesar 43,4 derajat Celcius yang tercatat pada 20 April 2019 di Distrik Huong Khe, Provinsi Ha Tinh tengah.

"Ini adalah catatan yang mengkhawatirkan dalam konteks perubahan iklim dan pemanasan global," kata ahli perubahan iklim Nguyen Ngoc Huy kepada AFP dari ibu kota Hanoi.

"Saya yakin rekor ini akan terulang berkali-kali," lanjutnya. "Ini menegaskan bahwa model iklim ekstrem terbukti benar."

Para ilmuwan mengatakan pemanasan global memperparah cuaca buruk, dengan laporan baru-baru ini dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB yang memperingatkan bahwa "setiap peningkatan pemanasan global akan mengintensifkan bahaya ganda dan bersamaan".

Rekomendasi