5 Negara dengan Suhu Terpanas di Dunia, Lebih Tinggi dari Indonesia

| 08 May 2023 20:05
5 Negara dengan Suhu Terpanas di Dunia, Lebih Tinggi dari Indonesia
Aktivitas masyarakat di Burkina Faso, salah satu negara dengan suhu tertinggi di dunia (weathercrave)

ERA.id - Jika dalam beberapa minggu terakhir Anda merasa sangat kepanasan, bisa jadi hal tersebut adalah sesuatu yang biasa di negara lain. Ada beberapa negara dengan suhu terpanas di dunia dan rata-ratanya masih di atas suhu rata-rata di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatilogi, dan Geofisika (BMKG), normal suhu udara di Indonesia tahun 1991—2020 adalah 26,8 deratat celsius, sedangkan suhu udara rata-rata tahun 2022 mencapai 27,0 derajat celsius. Sementara, ada beberapa negara yang memiliki rerata kolektif suhu tahunan periode 1991—2020 di atas catatan tersebut, dikutip Era.id dari World Atlas.

Daftar Negara dengan Suhu Terpanas di Dunia

1. Mali

Ilustrasi cuaca panas di sungai di Mali (pixabay)

Berdasarkan data tersebut, Republik Mali merupakan negara terpanas di dunia dengan suhu rata-rata mencapai 28,83 derajat celsius. Negara tersebut dikelilingi oleh daratan di Afrika Barat Laut. Tak hanya itu, Mali juga dikelilingi Sahara yang gersang dan Sahel yang semi-kering.

Curah hujan di sebagian besar wilayah Mali rendah. Oleh sebab itu Mali kerap mengalami kekeringan. Beberapa daerah di bagian utara Mali bahkan mengalami iklim gurun dengan panas yang bisa mencapai 48 derajat celsius.

2. Burkina Faso

Tak jauh dari Mali, tepatnya di sebelah selatan Mali, terdapat negara bernama Burkina Faso. Negara di dataran sabana luas ini memiliki suhu rata-rata sepanjang tahun 28,71 derajat celsius.

3. Senegal

Suhu rata-rata tahunan Senegal mencapai 28,65 derajat celsius. Tak hanya itu, pada musim kemarau (Desember hingga April) suhu di wilayah Tambacounda, daerah pedalaman di Senegal, pernah tercatat mencapai 54 derajat celsius.

4. Tuvalu

Tuvalu sebenarnya adalah negara dengan iklim tropis, tetapi sering mengalami cuaca yang panas dan lembab sepanjang tahun. Rerata suhu tahunan di negara tersebut adalah 28,45 derajat celsius. Negara dini pernah dilanda suhu tinggi yang terjadi sepanjang tahun, mulai dari 25 derajat celsius sampai 30 derajat celsius.

5. Djibouti

Republik Djibouti merupakan negara kecil di Afrika Timur. Negara dengan iklim subtropis yang panas, gersang, dengan sedikit variasi musim ini memiliki rerata suhu tahunan 28,38 derajat celsius. Djibaouti pernah mengalami suhu tinggi sepanjang tahun dengan kisaran maksimal harian mencapai rerata 32 hingga 41 derajat celsius.

Itulah berbagai negara dengan suhu terpanas di dunia. Jika hal tersebut ditambah dengan rendahnya curah hujan, tak heran jika di beberapa daerah kerap mengalami kekeringan.

Rekomendasi