Apa Beda Gelar Queen dan Queen Consort pada Kerajaan?

| 09 May 2023 18:25
Apa Beda Gelar Queen dan Queen Consort pada Kerajaan?
Apa beda gelar queen dan queen consort (unsplash)

ERA.id - Di beberapa kerajaan di seluruh dunia, termasuk Inggris, gelar "queen" (ratu) bisa memiliki beberapa makna yang berbeda, tergantung pada peran dan status seseorang di dalam kerajaan. Lantas apa beda gelar queen dan queen consort?

Perlu diketahui, terdapat dua jenis gelar yang sering dan umum digunakan, yaitu "queen" dan "queen consort", yang memiliki perbedaan signifikan.

Sebelum membahas perbedaan antara kedua gelar ini, mari kita definisikan masing-masing gelar secara lebih detail.

Apa Beda Gelar Queen dan Queen Consort?

Di antara gelar-gelar dalam kerajaan ada queen (ratu) dan permaisuri (queen consort) yang keduanya dimaksudkan untuk wanita dari anggota kerajaan pria. Meskipun banyak orang menganggapnya sama namun keduanya sangat berbeda.

Ada banyak perbedaan penting antara kedua gelar tersebut, termasuk tingkat kekuasaan dan otoritas yang mereka pegang.

Seorang ratu adalah istri raja atau kaisar yang biasanya dianggap setara secara politik. Ratu dapat melakukan berbagai peran seremonial dan politik di dalam negaranya, tetapi tidak memiliki wewenang atas masalah militer.

Di sisi lain, permaisuri adalah istri kaisar dan memegang kekuasaan absolut dalam kekaisaran suaminya. Permaisuri biasanya dipandang sebagai sumber stabilitas dan kebijaksanaan dalam pemerintahan suaminya dan dapat membuat atau menghancurkan kebijakan dengan pengaruhnya.

Perbedaan utama antara kedua gelar ini terletak pada kekuasaan politik dan status di dalam kerajaan. Seorang queen consort tidak memiliki kekuasaan politik yang sebenarnya, ia hanya menikmati kehormatan dan keistimewaan yang diberikan kepada istri raja. Namun, seorang queen memiliki kekuasaan politik dan kontrol atas kerajaan, sehingga memiliki pengaruh yang besar dalam mengambil keputusan politik dan pemerintahan.

Selain perbedaan dalam kekuasaan politik dan status, ada juga perbedaan dalam cara kedua gelar ini diberikan. Gelar queen diberikan secara langsung kepada wanita yang menjadi penguasa tertinggi di dalam kerajaan, sementara queen consort hanya memperoleh gelar itu melalui pernikahan dengan raja saat itu.

Camilia Menjadi Queen Consort

Charles naik takhta secara otomatis saat Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022. Dua hari setelah kematian ibunya, Charles resmi diproklamirkan sebagai raja Inggris.

Elizabeth II setelah dinobatkan menjadi Ratu Inggris (Royal.gov.uk)

Di Eropa, banyak kerajaan yang sudah menghentikan upacara penobatan raja. Namun, acara penobatan raja Inggris dinilai sebagai konfirmasi lebih formal atas perannya sebagai kepala negara serta kepala titular Gereja Inggris. Acara penobatan dilakukan untuk menunjukkan bahwa otoritas raja berasal dari Tuhan.

Dalam kebaktian oleh uskup agung Canterbury, minyak akan dibalurkan pada Charles. Selain itu, dia akan menerima simbol tradisional raja, termasuk bola dan tongkat kerajaan, serta peletakkan mahkota St. Edwards di kepala Charles. Sementara, Camilla akan dinobatkan sebagai permaisuri Inggris.

Selain apa beda gelar queen dan queen consort, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi