Walt Disney PHK 75 Karyawan Pixar, 7 Ribu Posisi Terancam Ditutup

| 05 Jun 2023 12:25
Walt Disney PHK 75 Karyawan Pixar, 7 Ribu Posisi Terancam Ditutup
Animasi Pixar. (Website Pixar)

ERA.id - Walt Disney's Pixar Animation Studios telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 75 orang, termasuk sutradara dan produser film Lightyear, kata sumber pada hari Sabtu (3/6/2023) seperti dilansir dari Reuters.

Sutradara Lightyear Angus MacLane merupakan tim kreatif senior pada film-film terkenal seperti Toy Story 4 dan Coco. Sementara Galyn Susman, produser Lightyear, telah berada di Pixar sejak 1995.

PHK yang berlangsung pada 23 Mei lalu adalah bagian dari rencana yang diumumkan sebelumnya oleh Kepala Eksekutif Walt Disney Bob Iger untuk memberhentikan 7.000 pekerjaan dan memangkas biaya $5,5 miliar (sekitar Rp81 triliun). Restrukturisasi itu akan menghilangkan divisi yang bertanggung jawab atas distribusi dan menggabungkan grup film dan televisi menjadi satu unit Disney Entertainment.

Disney telah menerapkan PHK di setiap divisi termasuk film dan televisi, layanan streaming, dan taman hiburan.

Meskipun PHK sebelumnya terhitung kecil dibandingkan dengan basis karyawan Pixar yang berjumlah sekitar 1.200, tetapi itu mengejutkan banyak orang karena studio tersebut adalah kekuatan kreatif yang menghasilkan waralaba yang mendorong pendapatan di seluruh Disney.

Pixar terkenal dengan waralaba sinematik termasuk Toy Story, The Incredibles, dan Cars. Sayangnya, karya teranyar mereka Lightyear yang dirilis tahun lalu dengan anggaran sekitar $200 juta hanya menghasilkan $226,7 juta dari penjualan tiket di seluruh dunia dan mendapat banyak kritik.

Sebaliknya, Incredibles 2 pada tahun 2018, yang dilaporkan memiliki anggaran produksi yang sama, memiliki penjualan box office di seluruh dunia sebesar $1,2 miliar.

Terakhir kali Pixar melakukan PHK adalah pada 2013, setelah studio itu menunda perilisan film The Good Dinosaur dan memecat sutradaranya, Bob Peterson.

Rekomendasi