Kota dengan Work Life Balance Terbaik di Dunia, Tertarik Pindah Kerja?

| 10 Jul 2023 19:05
Kota dengan Work Life Balance Terbaik di Dunia, Tertarik Pindah Kerja?
Kota dengan work life balance terbaik (unsplash)

ERA.id - Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, yang dikenal sebagai work-life balance, merupakan faktor penting. Tahukah Anda terdapat kota dengan work life balance terbaik di dunia?

Forbes Advisor telah melakukan studi untuk mengevaluasi kondisi work-life balance di 128 kota besar di seluruh dunia. Penilaian ini didasarkan pada berbagai indikator, termasuk:

●        Indeks kebahagiaan

●        Indeks ketimpangan gender

●        Rata-rata jam kerja

●        Cuti tahunan minimum yang dijamin oleh hukum

●        Rasio harga properti terhadap pendapatan pekerja

●        Proporsi pekerjaan yang menawarkan fleksibilitas kerja jarak jauh

●        Kebijakan cuti hamil/melahirkan

●        Ketersediaan taman/ruang terbuka per kapita

●        Tingkat pengangguran

●        Durasi cahaya matahari per hari

Berdasarkan berbagai indikator tersebut kemudian digunakan untuk menghasilkan skor dalam skala 0-100. Semakin tinggi skornya, semakin baik kondisi work-life balance di kota tersebut.

Kota dengan Work Life Balance Terbaik

Hasil studi menunjukkan bahwa Copenhagen menempati peringkat pertama sebagai kota dengan work-life balance terbaik di dunia, dengan skor 70,5 poin. Kota ini terkenal dengan gaya hidup "hygge" yang mementingkan kesantaiannya.

  1. Copenhagen

Copenhagen juga memiliki tingkat pengangguran yang lebih rendah (2,4%) dibandingkan kota-kota lain di Eropa, dan perusahaan-perusahaan di sana menyediakan jam kerja yang fleksibel serta jatah cuti minimal lima pekan per tahun.

  1. Helsinki

Di peringkat kedua terdapat Helsinki, ibu kota Finlandia, dengan skor 65,1 poin. Perusahaan-perusahaan di Finlandia berupaya menciptakan keseimbangan kerja dengan menawarkan cuti tahunan berbayar hingga lima pekan, cuti melahirkan yang panjang, dan kesempatan untuk bekerja jarak jauh.

  1. Stockholm

Sementara itu, Stockholm di Swedia menempati peringkat ketiga dengan skor 64,8 poin. Kota ini dikenal memiliki perekonomian yang kuat dan standar hidup yang tinggi. Para pekerja di Swedia berhak mendapatkan cuti tahunan selama 25 hari, dan pasangan yang baru saja memiliki anak mendapatkan cuti berbayar hingga 480 hari, setara dengan 1,5 tahun.

  1. Oslo

    Oslo, ibu kota Norwegia (unsplash)

Di urutan keempat terdapat Oslo, ibu kota Norwegia, dengan skor 63,2 poin. Meskipun Oslo memiliki biaya hidup yang tinggi, pekerja di kota ini dinilai memiliki kehidupan yang seimbang berkat standar upah yang tinggi dan kualitas hidup yang baik.

Selain kota dengan work life balance terbaik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi