Bukan Cuma Indonesia, Berikut Negara-Negara yang Merdeka di Bulan Agustus

| 03 Aug 2023 21:05
Bukan Cuma Indonesia, Berikut Negara-Negara yang Merdeka di Bulan Agustus
Pedagang bendera di kawasan Monumen Nasional. (Foto via Antara/Luthfia Miranda Putri)

ERA.id - Seperti yang kita ketahui, Indonesia memperingati kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Perayaan ini dilakukan setiap tahunnya dalam rangka mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan setelah mengalami penjajahan sekian tahun. Pemerintah Indonesia juga tidak pernah absen dalam mengadakan upacara bendera sejak tahun 1945. Namun, tahukah Anda, ternyata tidak hanya Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan setiap bulan Agustus. Ada beberapa negara yang ikut merayakan kemerdekaan mereka di bulan Agustus ini. Apa saja negara yang merdeka di bulan Agustus? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pakistan dan India

Ilustrasi kemerdekaan India (Foto: Pixabay @donvikro)

Dua negara yang berbatasan langsung ini juga memperingati ulang tahun kemerdekaan mereka di bulan Agustus dan hanya beda satu hari, yaitu pada tanggal 14 Agustus untuk hari kemerdekaan Pakistan, adapun tanggal 15 Agustus merupakan hari kemerdekaan India. Dua negara tersebut merdeka setelah 200 tahun dijajah oleh pemerintahan Kerajaan Inggris.

Malaysia

Negeri Jiran Malaysia ternyata juga ikut memperingati hari kemerdekaan mereka setiap tanggal 31 Agustus. Negara persemakmuran Inggris ini berhasil mendapatkan kemerdekaan mereka melalui penurunan dramatis bendera Union Jack milik Inggris pada tanggal 31 Agustus 1957 dan digantikan dengan pengibaran bendera Persekutuan Tanah Melayu sebagai bukti bahwa negara Malaysia sudah lepas dari penjajahan dan menerima kemerdekaan sepenuhnya.

Singapura

Tidak hanya Malaysia, negeri tetangga yang lain yaitu Singapura juga memperingati hari kemerdekaan setiap tanggal 9 Agustus. Hal yang unik adalah negara Singapura merdeka bukan disebabkan keinginan masyarakat mereka, tetapi karena "disia-siakan" oleh penjajah Inggris dan akhirnya pada tanggal 9 Agustus 1965 negara tersebut melepaskan diri dari Federasi Malaysia.

Pemerintah Singapura pun memutuskan untuk mendirikan negara sendiri dan saat ini menjadi salah satu negara yang perkembangannya begitu pesat di Asia Tenggara.

Republik Kongo

Negara bekas jajahan koloni Prancis yang berada di Afrika Tengah ini juga memperingati hari kemerdekaan mereka pada bulan Agustus, tepatnya pada tanggal 15 Agustus 1960 setelah hampir 80 tahun lamanya dijajah oleh Prancis.

Bolivia

Bolivia, salah satu negara di Amerika Selatan, juga meraih dan menyatakan kemerdekaan mereka pada bulan Agustus.

Negara yang berbatasan dengan Brazil ini berhasil mengumumkan kemerdekaan mereka pada tanggal 6 Agustus 1825 melalui pengesahan Magna Carta sebagai penanda negara yang baru merdeka.

Ekuador

Negara Amerika Selatan berikutnya yang juga mendeklarasikan kemerdekaan mereka di bulan Agustus adalah Ekuador. Ekuador sendiri adalah daerah jajahan Spanyol yang akhirnya berhasil memerdekakan diri pada 10 Agustus 1809. Bahasa Spanyol yang mendominasi sebagai bahasa ibu di Ekuador ini menjadi penanda salah satu peninggalan besar dari penjajahan Spanyol.

Uruguay

Uruguay juga termasuk negara yang memperingati hari kemerdekaan pada bulan Agustus setiap tahunnya, tepatnya pada tanggal 25. Dari sejarah yang tercatat, Uruguay berhasil merdeka dari Brazil pada 25 Agustus 1825.

Demikianlah beberapa negara yang merdeka di bulan Agustus selain Indonesia.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi