Kenapa Orang India Suka Menggelengkan Kepala Saat Bicara? Ternyata Ini Alasannya..

| 07 Aug 2023 20:06
Kenapa Orang India Suka Menggelengkan Kepala Saat Bicara? Ternyata Ini Alasannya..
Ilustrasi orang india (Foto: Sujith Devanagari on Unsplash)

ERA.id - Saat Anda bertemu orang India, atau sedang traveling ke India, ada satu hal yang paling khas dan unik. Salah satunya adalah bahasa tubuh mereka berupa gelengan kepala saat bicara. Kira-kira apa alasan orang India suka menggelengkan kepala saat bicara? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Seperti makna pada umumnya, gelengan kepala diartikan sebagai penolakan atau ketidaktahuan. Namun, ternyata gelengan kepala yang dilakukan masyarakat India menjadi pengecualian.

Orang India memiliki kebiasaan menggelengkan kepala sambil berbicara. Gelengan kepala itu seolah-olah menjadi gestur khas yang diturunkan dari generasi ke generasi, dan menjadi kebiasaan orang India saat menjalin komunikasi dengan sesamanya ataupun orang lain.

Bagi traveler, terutama yang sudah pernah pergi ke India, gestur menggeleng kepala ala India menjadi sesuatu yang ikonik, dan tidak bisa dilepaskan. Gelengan kepala merupakan salah satu cara yang dilakukan orang India ketika mengungkapkan maksud ataupun pendapat. Entah itu bermakna mereka setuju atau tidak, merasa benar atau salah, maupun antusiasme.

Mungkin, orang India menggelengkan kepala untuk hal yang berbeda dan memiliki arti atau tafsir yang beragam, bisa jadi Anda juga akan bingung untuk memaknainya.

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Apa Arti Gelengan Kepala Orang India?

Dilansir Trip Savvy, gelengan kepala orang India mempunyai beberapa tafsir atau makna. Gelengan kepala paling kerap dilakukan sebagai tanda untuk menunjukkan bahwa apa yang kita katakan dipahami oleh lawan bicara kita.

Sebagai contoh, jika Anda memberi tahu seseorang bahwa Anda akan menemuinya di suatu tempat pada pukul 5 dan mereka menggoyangkan kepalanya ke arah Anda, itu bermakna bahwa mereka bersedia dan mereka akan ada di sana.

Jika Anda bertanya kepada seseorang apakah kereta akan menuju tujuan Anda  dan mereka menggelengkan kepala sebagai jawaban, itu bermakna sebagai "ya".

Sementara itu, gelengan kepala yang bergerak secara berulang-ulang dan lebih konsisten juga bermakna sesuatu. Semakin cepat gelengan itu dilakukan, maka artinya orang tersebut semakin antusias dan sepakat dengan apa yang Anda kemukakan.

Untuk mempertegas, terkadang mereka juga mengangkat alis sebagai tanda penekanan dan memperlihatkan antusiasme tersebut. Namun, jika gelengan berulang yang dilakukan secara konsisten disertai dengan gestur bahu yang acuh tak acuh, maka hal itu berarti mereka tidak sepenuhnya setuju, tapi menghindari agar tidak terjadi perdebatan.

Gestur ini seakan menjelaskan pada lawan bicaranya, "Oke, terserah apa yang kamu katakan".

Tidak Boleh Asal Geleng Kepala

Walaupun dapat dimaknai dengan jelas, namun sering kali gelengan kepala yang dilakukan orang India memberikan arti yang ambigu, oleh karena itu bisa mengakibatkan kesalahpahaman.

Lantas, mengapa masih dilakukan dan bahkan dijadikan tradisi dalam menjalin komunikasi? Ternyata, masyarakat India sejak dulu dibesarkan untuk bersikap luwes dan sopan. Terutama saat berkomunikasi dengan tamu dan tetua.

Mereka tidak suka untuk menjawab "tidak" secara langsung. Itulah mengapa orang India kerap tersenyum malu, menggumam dan mengangguk tidak jelas untuk tidak membuat komitmen yang kuat. Pada zaman dulu, gelengan kepala memang sengaja diciptakan sebagai syarat untuk mengungkapkan ambiguitas, dan itu berhasil.

Pradeep Chakravarthy, penulis dari Chennai yang juga berprofesi sebagai konsultan perilaku perusahaan menjelaskan bahwa cara ini dijadikan 'trik' oleh masyarakat India dalam menyelesaikan hal tertentu dan membiarkan kesempatan berteman menjadi lebih besar sekaligus meminimalisir konflik.

"Dalam masyarakat ekonomi agraris tradisional di India, kamu tidak secara terbuka menyampaikan penolakan atau ketidaksepakatan dengan orang lain. Karena kamu tidak akan pernah tahu, kapan kamu akan membutuhkan bantuan mereka," jelasnnya seperti yang dikutip dari BBC.

Namun, tentu saja Anda tidak disarankan untuk menggoyangkan kepala dengan asal saat berbicara. Sebab, secara tidak langsung hal tersebut berpotensi menyinggung lawan bicara Anda bahkan menimbulkan kejengkelan orang India.

Demikianlah alasan orang India suka menggelengkan kepala saat bicara beserta sejarah dari kebiasaan tersebut.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi